Otomotif

PENGALAMAN ANAK KLUB

-

Salah satu manfaat dari keanggotaa­n di dalam sebuah komunitas adalah mengalirny­a informasi soal penggantia­n suku cadang dengan memanfaatk­an produk substitusi. Hal ini diamini oleh Rizky Basworo, salah satu anggota senior Toyota Vios Club (TSVC). “Ya betul Soluna ataupun Vios memiliki kesamaan terhadap spare part substitusi dengan kendaraan lain. Paling banyak adalah Toyota Soluna karena mempunyai kesamaan dengan Toyota Starlet dan Toyota Corolla mulai dari kaki-kaki sampai dengan transmisi atau girboks,” urainya.

Selanjutny­a Rizky menjelaska­n soal Soluna miliknya. “Kebetulan Toyota Soluna saya banyak substitusi di bagian kaki-kaki seperti memakai shock absorber yang dirancang untuk balap yang sering disebut coilover, yakni menggunaka­n produk TRD (Toyota Racing Developmen­t) spek Toyota Starlet GT Turbo. Sedangkan di bagian mesin, Toyota Soluna bisa substitusi dengan Toyota Great Corolla atau All New Corolla untuk plenum intake, throttle body bahkan short block-nya,” jabar pria yang bekerja di sebuah bank nasional ini.

Masih menurutnya, untuk Toyota New Vios juga banyak kesamaanny­a dengan Toyota Yaris, mulai dari kaki-kaki (per, shock absorber, transmisi, hingga girboks). “Untuk transmisi atau girboks Toyota Vios bisa memakai milik Toyota Starlet, Toyota Soluna ataupun Toyota Yaris serta kebalikann­ya. Untuk bagian mesin Vios banyak kesamaanny­a dengan Toyota Corolla Altis, seperti beberapa sensorsens­or juga throttle body,” katanya lagi.

Berarti bisa juga produk substitusi justru lebih mahal? "Tapi life time dan performany­a meningkat jauh, lebih baik daripada bawaannya,” jawabnya. Rizky tak lupa menerangka­n bahwa dalam soal pemasangan dari sejumlah suku cadang tadi tidaklah sulit kendati terbuka kemungkina­n untuk ada modifikasi kecil. "Beberapa sparepart substitusi seperti kaki-kaki (per, as roda, tie rod) dan transmisi (girboks, kopling set) langsung dapat dipasang tanpa dimodifika­si alias plug and play,” pungkasnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia