Otomotif

JERMAN RASA KOREA

-

Mobil merek Eropa juga tak steril dari produk substitusi. Seperti dikatakan oleh Wahyu Chrisdiant­o dari Irish Motor yang biasa menangani mobil BMW di seputaran kota Solo. "Contohnya idle up selenoid BMW 318i M43 yang edar antara tahun 1997 sampai 2000, bisa menggunaka­n milik Kia Visto atau Kia Carens. Aplikasi nya gampang langsung pasang saja enggak ada ubahan apapun. Soket-soketnya sama. Mereknya sama juga Bosch namun harganya beda. Punya BMW di atas Rp 1 juta. Beda punya Visto maupun Carens paling sekitar Rp 800 ribuan," papar Wahyu sapaannya.

Kata Wahyu lagi, komponen idle up selenoid biasanya rusak karena faktor usia pun bisa juga karena oktan bahan bakar yang rendah. Contoh lainnya lagi komponen karet wiper atau wiper blade. Milik BMW semua tipe yang bermerk Bosch itu bisa disubstitu­si dengan merek Denso. Perbedaan harganya signifikan, wiper blade Denso hanya Rp 60 ribuan per buahnya. "Kalau mau merk Bosch sekitar Rp 400 ribuan, padahal kualitasny­a hampir sama tuh," lanjutnya.

Pria yang praktik di bilangan jalan Soka itu untuk BMW sendiri soal beda seri pun terkadang berpengaru­h pada harga suku cadangnya. "Padahal enggak jarang komponen seri 5 misalnya sama dengan komponen seri 3, yang notabene harga spare part- nya lebih murah," ujarnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia