Otomotif

MOBILNYA ANAK MUDA AKHIRNYA KELUAR JUGA

PROFIL

-

Setelah penantian yang tak habis-habis, Kamis lalu (22/5) akhirnya Toyota Hilux 2016 resmi diluncurka­n diperkenal­kan di Thailand dan Australia.

Populasi Hilux yang tidak terlalu besar di Indonesia memang disebabkan karena jenis kendaraan d- cab tidak terlalu diminati, namun bukan berarti rilis versi terbarunya menjadi tidak penting. Harus diingat, pikap ini berbagi platform dengan salah satu MPV dan SUV yang paling favorit di Tanah Air, yaitu Kijang Innova dan Fortuner.

Dirilis dengan nama Hilux Revo, terlihat Toyota meninggalk­an jejak AN10 dan AN20 dengan memberi wajah yang benar-benar baru. Hilang sudah muka ‘tersenyum' dari Hilux generasi sebelumnya, kini terukir wajah yang lebih macho, dengan bentuk gril dan lampu dengan DRL yang menempel seperti Corolla Altis

DOK.OTOMOTIF

terkini. Ada juga versi lebih garang dengan tambahan pada radiator gril sehingga membuatnya menjadi lebih besar.

Dari samping, tidak ada lekukan berlebihan yang menunjukka­n kontur bodinya. Penggunaan pelek dual tone juga membuatnya terlihat lebih modern. Oh iya, tersedia ukuran pelek 15 hingga 18 inci.

Buritan kini juga terlihat lebih berisi berkat penggunaan lampu dan foot step belakang lebih besar. Penambahan krom pada varian atas juga membawa sedikit kesan mewah.

Di dalam, perubahan juga tidak tanggung-tanggung. Hilang sudah layout dasbor Innova-fortuner-hilux yang sudah ada dari tahun 2004. Kini berganti model yang juga mirip Corolla Altis terbaru.

Beberapa panel dilapisi warna piano black dan krom untuk menambah kesan mewah. Secara keseluruha­n, interior kini didominasi dengan lampu ilumunasi biru yang membawa kesan futuristis.

Namun kabar paling menggembir­akan sepertinya hadir di balik kap mesin, karena mesin diesel 2.500 cc, 2KD-FTV yang digunakan

Kaliper kelir merah yang memang jadi ciri khas Brembo, diandalkan untuk sisi pengereman. Budget kurang lebih Rp 18 juta, dikeluarka­n agar sistem pengereman yang memiliki spesifikas­i 4 piston (340 mm) terpasang di depan.

“Cukup makan tenaga dan pikiran, saat mengaplika­sikan rem bawaan Civic Type R ke Brio. Tapi dengan braket custom dan beberapa modifikasi yang melibatkan tukang bubut, akhirnya dapat terpasang juga,” aku anggota Revenge Surabaya ini.

Di balik kap mesin yang terbuka dengan sistem motorized, beberapa part racing dipasang untuk mendongkra­k performa. Paling tampak menonjol, pemasangan open filter HKS, piping custom dan header 4:1 custom. • oct

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia