Otomotif

Pasang Modul Smart Key ismart di All New Toyota Avanza BISA REMOTE START KABIN BUKAN TEMPAT SAMPAH

-

Punya All New Toyota Avanza memang sudah cukup aman karena sudah dilengkapi alarm dengan kunci remote, namun tidak jarang pemilik yang iri dengan jenis pengaman passive keyless entry seperti pada All New Yaris dan New Camry, atau yang biasa disebut dengan fitur smart key.

Fitur tersebut memungkink­an pengguna cukup mengantong­i remote kuncinya, kemudian cukup sentuh handel untuk membuka kunci, hingga menyalakan mobil dengan menekan tombol Start/stop Engine.

Enaknya, sekarang tersedia aksesori ismart yang memberikan fungsi mirip dengan smart key, bahkan dengan keunggulan lebih, seperti bisa remote start. “Ini pemasangan­nya plug & play ke Avanza, kurang lebih 1 jam selesai,” jelas Yohanes Christiant­o, Marketing Communicat­ion PT. Jilbert Kreasindo Kurnia.

Agar mirip dengan fitur passive keyless entry OEM Toyota, disediakan handle pintu sisi pengemudi dengan sensor di balik pegangan dan di depan yang berupa tombol kecil. Cara menggunaka­nnya pun mirip pada produk Toyota lainnya yang memiliki fitur canggih ini, cukup taruh remote kunci di kantung celana, lalu genggam handle dan kunci mobil akan terbuka sendiri. Untuk mengunci, cukup tekan tombol hitam kecilnya. Di balik handle juga terdapat 3 LED untuk memberi kesan elegan dengan memberi pencahayaa­n pada daerah pembuka pintu. Tersedia juga desain handle untuk Kijang Innova, Rush, Fortuner hungga Honda Mobilio dan Brio.

Karena sudah termasuk fitur yang disediakan, modul remote kunci dan alarm aslinya dinonaktif­kan, sehingga semua menggunaka­n milik ismart. Fungsi

Biar enggak penasaran, yuk simak apa saja fitur utama dari modul keamanan yang dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta termasuk pemasangan ini pada Low MPV 7- seater Toyota tersebut. •

1

Bagi kendaraan yang sudah dilengkapi filter kabin seperti Suzuki Karimun Wagon R, lebih baik periksa komponen ini terlebih dahulu. Biasanya sudah sangat kotor sehingga kotoran yang ada di filter terdorong oleh udara sirkulasi dan menyebabka­n bau. Ganti jika sudah terlalu kotor. Caranya dengan membuka laci dan pegangan yang ada. Filter yang kotor juga membuat embusan AC jadi melemah. Untuk LCGC asal Suzuki ini, melepas filter kabin tidak terlalu mudah. Sejuk AC yang berlokasi di Jl. Pos Pengumben Raya, Jakbar.

Ingat, kabin bukan tempat sampah, jadi bawa turun dari kabin semua barang yang berbau. Soalnya AC memanfaatk­an udara kabin, terutama dari bagian kaki, untuk dijadikan hembusan hawa dingin. Sebab itu, kabin sebaiknya selalu dalam keadaan bersih.

Bau ini bisa juga menyerang kendaraan yang dilengkapi dengan selektor AC mengenai pasokan udara dari luar. Udara luar yang sangat kotor, potensi menjadikan hembusan AC berbau.

Untuk menghilang­kan bau tersebut, Tanto dan Adi, dari bengkel yang sama punya caranya.

4

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia