Otomotif

CUSTOM TILT STEERING SENDIRI

- Christo

Zaman sekarang, hampir semua kendaraan roda empat memiliki teknologi steering. Tilt steering adalah mekanisme column steering yang bisa disetel sudutnya, sehingga dapat disesuaika­n dengan keinginan pengemudi. Terdapat dua jenis tilt steering, yang pertama hanya mengubah sudutnya saja, sedang tipe kedua bisa mengganti sudut dan jarak roda kemudi.

Pada Toyota Kijang tahun 19972005 (model kapsul) belum memiliki teknologi tersebut. Tapi jangan berkecil hati dulu, Toyota Kijang Club Indonesia ( TKCI) punya cara untuk mensiasati­nya. Hanya modal sekitar Rp 50 ribu, steering column bisa diatur naik-turun secara manual.

Pengerjaan­nya kira-kira akan memakan waktu selama satu sampai dua jam. “Tingkat kesulitan pengerjaan­nya susah-susah gampang,

tilt

karena dibutuhkan konsentras­i saat membongkar steering cover dan pada saat mengganjal baut pada steering column,” ujar Ignatius Riondi yang merupakan anggota komunitas TKCI.

Untuk mengetahui teknis pengerjaan­nya, bisa langsung menghubung­i pentolan komunitas Kijang tersebut. Bila ada yang ingin mencoba-coba sendiri, silahkan simak cara customnya.

Senang berlama-lama parkir di bawak terik matahari, bisa bikin pendek umur pakai karet yang di pintu dan bodi.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia