Otomotif

ACMERCYACM­ERCY C180 BAU

-

Salam sejahtera mas Rio, langsung saja ya mas, mobil saya si cibo (Mercedes-benz C180 W202) ada beberapa permasalah­an nih mas bingung, yang mau saya tanyakan:

1.Yang pertama soal AC, bau di luar kok bisa masuk ya mas? Dan kadang-kadang Ac-nya itu mati sendiri di tengah jalan tidak bisa hidup. Setelah ditunggu sebentar, baru dia kembali nyala. Itu kenapa ya mas?

2.Sekarang, setiap saya menyalakan sein ke kanan, wipernya malah ikut nyala, apa terjadi korsleting apa bagaimana mas?

3.Kalau lagi jalan di kisaran 2.5003.000 RPM ada bunyi bergetar di tuas persenelin­gnya, bunyinya dari dalam tuas persenelin­g itu, kenapa ya itu mas?

Demikian pertanyaan ini saya sampaikan mas, terima kasih atas waktu luangnya sayas ucapkan terima kasih.

Sekupang, Batam

Salam kenal mas Radit, salam sejahtera juga ya. Tenang saja mas, habis ini enggak bingung lagi deh. Langsung saja ya:

1.Tenang saja mas, itu memang karakter mobil asal Eropa. Selang beberapa saat, jalur sirkulasi AC akan memasukkan udara dari luar. Kalau di Eropa sendiri, tujuannya agar udara dalam kabin tidak terlalu kering. Jadi pengemudi dan penumpang akan mendapatka­n udara segar. Makanya, saat udara luar dimasukkan ke kabin, akan tercium bau dari luar tuh. Misal lagi di belakang truk atau bus, pasti akan tercium bau knalpot diesel.

Kalau tak ingin udara luar masuk, mas Radit bisa memencet kembali tombol yang berguna untuk sirkulasi udara. Fitur ini terlihat dari tombol dengan gambar mobil dan tanda panah berputar di dalamnya.

Namun mesti diperhatik­an lagi soal AC yang suka mati. Bisa jadi ada masalah di sistem AC nih. Mas Radit mesti mendatangi bengkel spesialis AC yang memang mengerti cara kerja Mercy. Biasanya ada resistor yang bermasalah. Makanya mesti ditunggu agak dingin dulu baru AC bekerja kembali.

2.Bisa jadi wiring harness milik mas Radit memang sudah mulai bermasalah. Jadi ada beberapa hubungan pendek dalam kelistrika­n di balik cover setir. Coba minta bengkel untuk mengecek perangkat ini mas. Seiring usia, beberapa kali terdengar wiring harness milik sedan ini butuh pengecekan lebih lanjut agar kinerjanya selalu ideal.

3.Bisa jadi dari bushing tuas persneling mas. Penyebabny­a sama dengan nomor 2, usia pakai. Karena terbuat dari karet keras, untuk transmisi yang sudah berumur tinggi, kondisinya bakal semakin aus. Nah akibatnya mulai terdengar dan terasa tuh getaran- getaran. Biasanya diiringi dengan tuas lebih susah masuk di posisi gigi tertentu.

Semoga cepat selesai masalahnya ya mas.

FITUR TAMBAHAN

New Scoopy ESP dibekali beberapa fitur tambahan, pertama ada remot answer back system yang menyatu dengan kunci. Dengan fitur ini mencari letak motor di parkiran lebih mudah, karena saat dipencet akan muncul suara dan sein berkedip.

Kedua, pakai lampu proyektor. Sinarnya memang sedang-sedang saja, saat pendek tampak menyebar dan kala pakai lampu jauh terlihat fokus dengan titik mengecil khas proyektor.

Terakhir kini dibekali ban tubeless, pastinya jadi lebih aman dari ranjau paku, karena enggak langsung kempis.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia