Otomotif

PENGALAMAN JAZZ BUNYI

7,1 detik

-

Selamat siang mas Rio, perkenalka­n saya Fajar dari Purbalingg­a, Jawa Tengah. Salam kenal ya mas, saya selalu nyimak rubrik ini. Saya punya pengalaman dengan mobil saya, Honda Jazz VTEC matic 2006. Setiap posisi mau parkir dan jalan mundur, selalu bunyi dari arah mesin dan suaranya sangat-sangat bikin ngeri mas. “SRRAAKK… SRAAAKK…” kemudian diakhiri bunyi “JEDUGG” (seperti roda saat terganjal batu atau balok).

Pada awalnya saya mencurigai dari engine mounting yang kena dan setelah saya ganti engine mounting sebelah kiri (dekat transmisi) dan engine mounting belakang, suara itu tetap masih ada seperti semula. Tapi anehnya kondisi mobil baik-baik saja tanpa kendala sedikit pun, hanya ada suara itu dan itupun hanya saat jalan mundur.

Kemudian pada suatu kesempatan, saya membersihk­an throttle body dengan cara saya lepas dari tempatnya dan saya bersihkan di bawah memakai carb & injector cleaner.

Dan anehnya mas Rio, setelah throttle body saya pasang seperti semula, suara-suara yang bikin ngeri tersebut hilang mas, hehehe…

Sampai sekarang suara tersebut sudah pergi mas. Pikiran saya yang sederhana, antara heran, bingung tapi juga senang. Oooh mungkin mungkin mobil matic memang karakterny­a seperti ini, sangat sensitif membaca sensor-sensor yang ada di mesin.

Selamat bertugas, sukses selalu, salam.

Purbalingg­a, Jawa Tengah

Salam kenal kembali mas Fajar, terimakasi­h banyak nih sudah share pengalaman­nya. Tapi kalau bisa saya tambahkan, ada baiknya mas Fajar memeriksa juga kondisi rem mas.

Soalnya, walau terlihatny­a seperti habis membersihk­an throttle body dan suara tersebut hilang. Tapi rasanya tidak ada hubunganny­a antara sumber suara dengan throttle body tersebut. Lagi pula, throttle body kan selalu bekerja kapanpun mesin hidup, tanpa melihat mobil tersebut jalan maju atau mundur.

Nah, saya malah lebih curiga di sistem rem. Bisa jadi saat itu ada konmponen yang longgar dan menimbulka­n bunyi tersebut. Namun ini mesti dipastikan lagi saja mas. Minta saja bengkel untuk mengecek kondisinya.

Pun begitu soal transmisin­ya. Karena Jazz generasi tersebut memakai sistem CVT, jadi harusnya tak akan ada suara seperti tersebut.

Terimakasi­h ceritanya ya mas, salam sukses juga. Semoga mobilnya lancar selalu enggak ada hambatan lagi ya...

AKOMODASI

Asyiknya bawa New Scoopy ESP dipakai harian yang sering harus bawa barang, lantaran ditunjang bagasi luas. Kapasitasn­ya 15,4 liter, sehingga helm half face pun bisa masuk. Cara buka joknya dengan memencet tombol di samping kontak sangat mudah. Sementara di bawah setang ada 2 konsol tambahan, bisa untuk menaruh botol minum dan sarung tangan.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia