Otomotif

OLI UNTUK SCORPIO Z

-

Salam damai selalu untukmu.

Saya ingin tanya mengenai oli grade 2 dan grade 5 untuk motor Yamaha Scorpio Z rakitan Juni 2010. Sebelumnya perkenalka­n spesifikas­i motor saya; yang berganti dengan noken as custom, per klep custom, karburator Koso 34, spacer+manifol custom, porting inlet dan outlet 1 mm, filter Ferrox close type, tensioner custom, CDI BRT Powermax hyperband-dc, koil Scorpio 5BP dengan 5 buah 9power, busi iridium MTR MID8EA, rumah kopling 6 per, per kopling TDR, kampas kopling ori Kawasaki Ninja 150RR 2 tak. Selain yang saya sebutkan, semua part standar.

Antara oli grade 2 (semi sintetik) + kandungan oli grade 5/ester, dalam hal ini; Motul 5100ester: Rp 110 ribu/liter, dengan oli grade 3 (full sintetik), dalam hal ini; Shell Advance Ultra: Rp 145 ribu/liter.

Kedua oli tersebut sudah memiliki standar JASO MA2, API SM, dan kekentalan­nya sama 10W-40. Mana yang lebih bagus untuk menghasilk­an power mesin tertinggi ( top speed), juga daya tahannya untuk turing kecepatan tinggi dan harian?

Dengan selisih harga Rp 35 ribu perliterny­a, baiknya pilih oli yang mana ya? Dan sebaiknya per berapa km, saya mengganti oli rutin? Karena teman saya yang seorang pembalap drag, sering bilang kepada saya, "Pakai oli yang murah saja, asal diganti tiap bulan, walaupun kilometer masih rendah, soalnya kendaraan masih untuk harian.”

Satu lagi dari mayonaise, hehehe... Bagaimana cara paling efektif mendeteksi kerusakan pada koil? Mohon petuahnya.

RIDING POSITION & HANDLING

Posisi duduk enggak ada perubahan tentunya, tetap nyaman dan santai dengan jok rendah dan dek agak tinggi. Jok kendati tipis namun masih nyaman untuk perjalanan harian. Hanya posisi pembonceng agak menurun ke belakang memang sedikit mengganggu saat akselerasi, bisa melorot.

Handling Scoopy dengan jarak sumbu roda 1.256 mm dan bobot 96 kg terbilang lincah. Namun rancangan sasis yang kaku bikin kurang pede saat awal-awal pemakaian, menikung kencang cenderung melebar, namun lama-kelamaan bisa diatasi dengan sedikit main badan. Untungnya redaman suspensi tergolong empuk, sehingga lewat jalan keriting tetap nyaman.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia