Otomotif

DARI CLASSIC KE RACING MINIMALIS

-

Awalnya Aldi berpikiran Vespa itu adalah motor klasik, tapi lama-lama Ia merasa aneh. “Ini kan modern Vespa, bukan Vespa lawas tahun 1960-an, jika dipaksa untuk menjadi klasik jadinya aneh,” gerutunya. untuk belakang dan 120/6017 di depan membalut pelek R6 yang dikelir gold. “Pakai ban ini jadi pede saat ketemu tikungan,” ceritanya sambil senyum-senyum mengenang perjalanan­nya melintasi kelok 9 di Sumatera Barat.

Untuk performa mesin Septi tidak mau banyak ubahan, tenaga mesin 600 cc sudah dirasa cukup. Ia hanya memasang knalpot Akrapovic dan piggyback buatan Dynojet.

Saat ditanya rencana turing Septi mengaku ingin keliling Indonesia. “Tapi butuh dana yang besar euy, makanya mau nabung dulu biar bisa terwujud. Tapi bulan Agustus ini rencana akan berangkat turing ke Aceh,” ungkapnya.

Gas terus! • Sigit

Tabung Minyak rem

Selang Rem

Handgrip

Jalu Stang

Steering Damper

Spion

Frame Slider

Cover Radiator

Tutup Oli

Footstep

As roda

Setelan Rantai

Jalu Paddock

Body

Piggyback

Knalpot

Skutik kelas entry level dengan harga di kisaran Rp 15 jutaan, kini tak hanya diisi motor bermesin 110-115 cc, 125 cc pun ada sejak munculnya New Mio M3 dan All New Soul GT. Duo andalan Yamaha ini berjibaku dengan All New Honda BEAT ESP, Vario FI, Suzuki Address, nex FI termasuk saudara kandung Mio J yang bermesin 110-115 cc.

Dengan mesin lebih besar, tentunya Mio M3 dan Soul GT menawarkan performa yang lebih mumpuni. Nah pertanyaan­nya bagaimana dengan konsumsi bensin? Apakah jauh lebih boros atau tetap setara?

Guna menjawabny­a, kali ini Tim OTOMOTIF melakukan pengetesan konsumsi bensin 5 motor sekaligus. Dan khusus nex FI dan Mio J data kami ambilkan dari hasil test ride, karena unit tes tak tersedia.

Pengetesan sengaja disimulasi­kan seperti penggunaan harian oleh tester berpostur 173 cm 63 kg. Motor dipakai untuk aktifitas normal, menempuh

FOTO: TYO

jalur beragam dari macet di pagi dan sore hari, hingga jalan lancar saat malam. Jalur yang ditempuh sama, yaitu melintasi kawasan Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan wilayah Tangerang Selatan.

Pengukuran menggunaka­n metode full to full dengan bensin RON 92. Pengambila­n data dilakukan 3 kali untuk mengurangi risiko error, misal saat pengisian bensin. Motor yang digunakan kondisi standar pabrik, unit yang dipakai merupakan pinjaman dari masing-masing APM. • Tim OTOMOTIF

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia