Otomotif

BUAT YANG MAU MAKIN SPORTI

-

Punya budget minim dan ingin merombak tampilan Yamaha V-ixion kesayangan? Woles, bro! Bengkelben­gkel ini bisa menjadi rujukan buat yang bosan sama tampang standar. Ada DJM Motor Modificati­on di Jl. Kolonel Sugiono, Pondok Bambu, Jaktim dan ARM Motor daerah Jl. KRT. Radjiman, Pulogadung, Jaktim yang siap make up besutan kesayangan. Seperti Heri Siswanto, yang sudah mengubah tampang V-ixion miliknya dengan tampilan lebih sporti dari versi orisinal menjadi full fairing.

“Pemasangan­nya terbilang cepat, sekitar 3 jam selesai dan dudukan bawaan pabrik gak ada yang di ubah. Sehingga bisa dikembalik­an seperti semula jika bosan,” ungkap warga Kebagusan, Jaksel yang aplikasi corak Yamaha Movistar ala Motogp. Fairing set tersedia buat V-ixion keluaran awal hingga akhir dari harga Rp 5 - 5,5 juta. Untuk desain fairing set V-ixion lama hanya ada model Yamaha YZF-R15, buat besutan New V-ixion Lighting (NVL) ada model YZF-R25.

Begitu juga bengkel ARM Motor, menyediaka­n komponen tersebut dengan desain dan

DJM Motor Modificati­on

FOTO: TEGUH

motif yang sama, hanya saja posisi lubang siripnya berbeda dan dibanderol seharga Rp 5,5 - 6,5 juta.

“Bentuknya memang gak semirip sama Yamaha R15 atau R25, karena prosesnya manual berbahan fiber custom dan dimensi bodi disesuaika­n rangka V-ixion. Pada windshield diadopsika­n milik Kawasaki Ninja 250R,” ujar Dwell, pemilik DJM-MM sambil menjelaska­n bodinya bisa dibeli satuan. Lalu, kondom tangki diserasika­n dengan fairing dan buntut dibuat mirip Yamaha YZR-M1 yang dipadukan jok custom single seat.

“Penambahan komponen lainnya, hugger alias sepatbor kolong bisa pakai replika Yamaha M1. Karena konsepnya full fairing ruang di spido terlihat kosong, maka diberikan cover atau dashboard custom sebagai penutup,” tambah Tukijan, bos ARM Motor.

“Fairing yang ready stock corak Motogp, bisa juga order model lain dengan motif cat grafis. Kecuali airbrush realis, nambah dana sekitar Rp 2-4 jutaan dari harga paket dan dibutuhkan waktu sekitar satu bulan,” tutup Dwell.

Monggo!

FIRESTONE

Ban dari Taiwan ini cocok buat tunggangan yang beraliran chopper atau old skool. Tersedia tipe Deluxe Champion, Coker Diamond Tread, dan Ribbed Dirt Track. Untuk ukuran tipe Deluxe Champion dari 5.00-16, 4.00-18, 4.50-18, dan 4.00-19. Sedang harga dikisaran Rp 3,3 juta sampai Rp 3,5 juta.

Ukuran Coker Diamond Tread, 5.0016, 4.00-18, 4.50-18, dan 4.00-19. Tipe itu dihargai Rp 3,1 juta hingga 3,5 juta. Hanya tersedia ukuran 5.00-16, 5.00-17 dan 5.00-18 itu buat tipe Ribbed Dirt Track yang seharga Rp 3,8 juta sampai Rp 4,5 juta.

AVON

Terdiri dari tipe Avon Speedmaste­r, Avon SM MK-II Series, Avon Roadrunner, dan Avon Roadrider. Ukuran yang tersedia, yaitu dari lingkar roda 16 sampai 21 inci dengan kisaran harga antara Rp 1-2 juta.

Namun dari keempat tipe tersebut, dua tipe yang kerap diaplikasi­kan ke besutan, yakni SM MK-11 dan Speed Master. Ukuran profil ban 5.00-16, 4.00-18 dan 4.00-19 cocok digunakan buat motor yang berkonsep bobber dan

Sebelum proses

sandblasti­ng,

permukaan logam atau obyek dibersihka­n dulu dari kotoran, minyak maupun oli Perbedaan sebelum dan sesudah sandblasti­ng

OFFSET CYLINDER DAN SPINY SLEEVES

Untuk mengurangi gesekan piston ke silinder, kruk as dibikin offset. Sementara penggunaan spiny sleeves silinder membuat boring lebih kuat dan pendingina­n lebih maksimal.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia