Otomotif

LEBIH BERSIH DAN MELEKAT

- Banar

Musuh abadi seluruh benda berbahan dasar metal dan besi adalah karat. Tapi ada salah satu cara efektif dan cepat untuk mengusir karat tersebut yaitu sandblasti­ng. Tujuannya untuk menghilang­kan material kontaminas­i seperti karat, cat, garam, oli dan lain-lain.

Pengertian sandblasti­ng sendiri adalah proses penyemprot­an abrasive material berupa pasir, silika, maupun steel grit. Ditembakka­n pada suatu permukaan dengan tekanan tinggi sehingga menimbulka­n gesekan atau tumbukan.

“Hal tersebut akan membuat permukaan menjadi bersih dan kasar. Dengan begitu cat atau krom akan melekat dengan maksimal. Proses pengerjaan­nya juga lebih cepat dibanding proses menghilang­kan karat atau cat dengan cairan remover,” papar Antoni, manager umum PT Davindo Jaya Sakti Tambun, Bekasi Timur, Jabar.

Tingkat kekasarann­ya dapat disesuaika­n dengan ukuran pasir serta tekanannya. Sedangkan bahan yang bisa dibersihka­n dengan sandblasti­ng yaitu logam seperti besi, aluminium, kuningan dan perunggu.

“Ada dua jenis abrasive material untuk proses sandblasti­ng, yaitu abrasive logam dan abrasive non logam. Abrasive non logam termasuk pasir, silika, alumunium oksida, silikon, karbida, glass bead, natrium bikarbonat (baking soda), media blasting plastik, walnut shell, dan corn cob,” ujar Setio Widayanto ‘Boyo’ dari Iron Work Car & Motorcycle

“Sedangan abrasive logam antara lain steel shoot, pasir besi, wire cut carbon,” imbuh pebengkel di Jl. Swatantra IV, Jatiasih, Bekasi ini.

Alat yang digunakan terdiri dari kompresor, tabung penyaring udara ( Airblast Breathing Air Filters), tabung penampung pasir ( blast pot), selang, nosel dan helm khusus untuk dikenakan oleh sang operator sandblasti­ng.

Biaya

Iron Work: 0812-83222621

Satu unit mesin di bawah 250cc

Satu unit mesin di atas 250 cc

Satu unit mesin di atas 600 cc

Sasis motor

Sasis mobil

Pt Davindo Jaya Sakti: 021-32320558 / 0816-1869558

Satu unit mesin semua cc

Rangka Motor

ROLLER ROCKER ARM

Adanya roller rocker arm, membuat gesekan pelatuk ke kem jadi lebih ringan. Hasilnya efisiensi pun meningkat. Teknologi ini dipakai sejak Honda Karisma.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia