Otomotif

CEGAH LOYO DAN MOGOK!

2

-

Seiring pemakaian, lamakelama­an tumpukan kerak di ruang bakar dan sekitarnya semakin banyak, apalagi jika pakai bensin beroktan rendah dan jarang digeber di rpm tinggi. Efeknya bikin lemot dan boros, bahkan di Honda Vario 125 bisa bikin mogok. Waduh!

“Karena kalau odometer sudah tinggi, sensor O di lubang buang

2 juga bisa ikut kotor, kalau terlalu tebal bikin brebet, susah distarter bahkan mogok,” terang Safrudin, kepala mekanik bengkel AHASS Clara Motor, Kebon Jeruk, Jakbar. “Kalau sensor O terlalu kotor,

2 pembacaan hasil pembakaran enggak akurat, voltase yang dikirim ke ECM bisa terlalu besar atau kecil, memang bisa saja bikin larinya berat,” papar Endro Sutarno, instruktur di Astra Honda Training Center. Maklum saja, Vario 125 pakai sistem injeksi step 4, yang pembacaan pembakaran bergantung pada sensor O , karena

2 tak ada sensor tekanan dan suhu di intake manifold- nya.

Lalu apa yang harus dilakukan? “Bersihkan saja, biar pembacaan hasil pembakaran yang diumpan ke ECM kembali akurat,” lanjut Udin, sapaan Safrudin. Pria ramah ini melanjutka­n, pembersiha­n cukup pakai sikat kawat dan ditiup angin. Dan yang harus diingat, jangan sampai jatuh ya! Karena bisa rusak dan harganya lumayan mahal, sekitar Rp 305 ribu. Oh iya, alat yang dibutuhkan yaitu obeng plus, sikat kawat, kunci sok 10, 12 dan 17.

Simak urutannya! • Aant

Setelah itu lihathat sensor O yangng ada

2 di sisi kiri cylinder ylinder head. Nah pertama

lepas kabelnya, dengan memutar sedikit dan tarik Lanjut ambil kunci sok 17 berikut peganganny­a, untuk melepas sensor O

2 Ini dia sensornya, jika kondisinya kotor maka wajib dibersihka­n. Cukup pakai sikat kawat ya Nah sekarang sudah bersih kan, tinggal pasang lagi deh dengan langkah kebalikan pemasangan. Beres!

STANDAR ASEAN MRA

NVA ini didesain salah satunya agar lolos ASEAN MRA ( Mutual Recognitio­n Arrangemen­t). Selain emisi Euro3, ada 4 standar tambahan. Pertama standar kebisingan R41.03 dengan tes akselerasi, NVA punya kebisingan 76 db dari standar 77 db.

Kedua, ban dengan standar R75.00, meliputi visual, dimensi dan pengujian. Ketiga, klakson dengan standar R28, dengan rentang kebisingan 93-112 db. Keempat, akurasi spidometer ditingkatk­an dengan standar R39.00.

Frame Slider

"Peranti ini banyak ragam model dan bentuknya. Dari harga Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta dan berbeda pula bahan serta mutunya. Frame slider sebenarnya hanya sebagai pelindung bodi atau fairing kita pada saat terjatuh di parkiran, jadi bisa dibilang jatuh ringan. Kebanyakan, dipakai pada motor berjenis sport," jelas Heri Siswanto dari Empire Moto Shop, di Kebun Jeruk 3 Jakbar.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia