Otomotif

EH ADA YANG TERSEMBUNY­I

Tak hanya bodi, mesin dan kelistrika­n juga ada perubahan, apa saja?

-

Minggu lalu sudah dibahas ubahan yang dialami sport andalan Yamaha, V-ixion, berikut impresi pertama menunggang­inya. Oh iya, kini namanya New V-ixion Advance, jadi kita singkat NVA bukan NVL (New V-ixion Lightning) lagi nih.

EURO3

Ubahan yang dialami bodi NVA meliputi lampu depan, shroud berikut emblem, tambah under cowl, potong sepatbor belakang, ganti latar spidometer dan ubah warna bak magnet dan kopling. Namun tak hanya bodi, mesin dan kelistrika­n juga ada perubahan, apa saja? • Aant

“Untuk mesin intinya emisi berubah dari Euro2 ke Euro3,” terang M. Abidin, GM Service & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing (YIMM). “Ubahan ada di knalpot dan seting ulang ECU,” lanjutnya. ECU kini pakai kode 2TP menggantik­an 1PA.

Pria yang biasa disapa Abidin ini melanjutka­n, untuk knalpot hanya melalui penambahan 3 bahan pada honey comb catalityc converter yang telah ada di V-ixion sebelumnya. “Kini dilapis rodium, paladium dan platinum,” terangnya.

Abidin menambahka­n, dengan adanya 3 logam ini, honey comb lebih cepat membara, sehingga sisa pembakaran seperti Nox dan CO lebih mudah terurai. NVA punya gas buang dengan CO 1,07 dari standar Euro3 2 ppm, HC 0,2 dari 0,8 ppm dan Nox 0,09 dari maksimal 0,15 ppm.

Chain Guard

"Pada motor balap, peranti ini dipasang pada arm sisi kiri yang ada rantainya. Fungsinya untuk melindungi kaki kita agat tidak tersangkut atau terkena rantai apabila kita jatuh. Tidak ada salahnya diaplikasi­kan pada motor harian tapi hasilnya kurang maksimal karena pada motor harian jarang terjadi jatuh secara ekstrem layaknya pada balapan," jelas Raymond Gunawan dari Paul's Motor di jalan Kartini Pasar Baru Jakpus.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia