Otomotif

TEMA RETRO

-

Untuk musim balap F1 tahun ini, FIA memberlaku­kan peraturan kalau setiap pembalap hanya diperboleh­kan untuk menggunaka­n satu desain livery di helm mereka. Peraturan ini dibuat agar para fans dapat lebih mudah mengenali pembalap favorit mereka. Tetapi di Seri GP Monako (21-22/5) sepertinya peraturan tersebut tidak dapat menahan kreatifita­s dari pembalap baru tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel karena pada gelaran GP Monako di akhir minggu kemarin Vettel terlihat menggunaka­n corak baru di helmnya.

Sebelum pelarangan penggantia­n corak helm dikeluarka­n oleh FIA, para pembalap F1 memang memiliki tradisi untuk untuk menggunaka­n helm dengan desain khusus ketika berlaga di GP Monako.

Tidak mau melewatkan kesempatan­nya di GP Monako tahun ini, sepertinya Vettel menemukan celah pada peraturan FIA tersebut. Ia meminta desainer helm kondang, JMD, untuk membuat desain unik. Vettel pun tidak hanya menyimpan helm ini untuk balapan, tetapi langsung memamerkan helm spesialnya itu semenjak sesi latihan bebas pada hari Kamis dan membawanya ke podium pada akhir GP Monako.

Detail dari helm ini adalah helm terlihat buram, garis bendera

FOTO: IMD

Jerman bak lukisan tangan, hingga font nomor lima berkarakte­r klasik. Ditambah cat hitam pada sekitar area visor helm yang bertujuan agar visor seperti terlihat yang terdapat pada helm balap jadul.

Karena sepintas tidak terlihat perbedaan, bisa jadi hal ini luput dari pengawasan FIA. Ya, Sebastian Vettel memang merupakan salah satu pembalap yang terkenal paling sering mengganti desain livery helmnya. Hingga kini ia telah punya 60 desain livery helm sepanjang karirnya di F1. • Bob

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia