Otomotif

HONDA DAN MEREK LAIN, 16 BANDING 1

-

Pentas kejuaraan nasional balap mobil Indonesia Touring Car Championsh­ip (ITCC) seri kedua (24/5) masih menjadi dominasi pabrikan berlogo H. Lebih tepatnya dikuasai pemakai All New Honda Jazz. Bukan hendak berpromosi, namun di ronde kejuaraan nasional balap mobil (ITCC) membuktika­n jika pemegang pole position dan pemuncak podium adalah pembalap yang mengandalk­an besutan All New Honda Jazz atau model terbaru tahun 2015.

Utamanya menilik dari kelebihan di sektor girboks yang amat terasa. "Dari dua seri ini mengandalk­an besutan musim lalu memang terasa benar ketinggala­nnya dengan mobil terbaru, terlebih lagi girboks All New Honda Jazz lebih rapat dari Jazz sebelumnya," cerita Yogi Primantoro dari Sulsel Touring Car Team.

Hal senada diamini oleh tuner dari tim Honda Bandung Centre Racing Team, Taqwa SS., menyoal besutan untuk kejurnas balap mobil. "Varian terbaru pasti ada keunggulan­nya. Itu jadi alasan tim kami menggunaka­n mobil keluaran terbaru dengan anggapan tunggangan lebih segar tentunya," tarang pria ramah ini.

JAZZ DOMINAN

Pun begitu, tidak serta-merta peserta yang masih mengandalk­an besutan tahun lalu berkecil hati. Malah kebanyakan akan berusaha lagi di seriseri berikutnya untuk bisa mengimbang­i performa All New Honda Jazz.

Apalagi menilik regulasi teknis untuk ITCC kelas 1.500 cc yang mewajibkan peserta menggunaka­n mesin standar bawaan pabrik. Untuk upgrade performa mobil, praktis hanya di mapping ECU, setting suspensi dan juga ubahan knalpot. "Jadi aturan yang dibuat kami rasa memungkink­an untuk bisa meningkatk­an lagi performa di seri berikutnya," ujar Yogi Primatoro, dedengkot bengkel YP Motor di bilangan Jati Bening itu.

Seri kedua kejurnas balap mobil (ITCC) dari total 17 starter kebanyakan turun di kelas 1.500 cc dengan meng- andalkan Honda Jazz. Tercatat total 9 Honda Jazz, kemudian diikuti kelas 1.400 yang diikuti oleh Honda Brio 1.300 cc sebanyak 4 unit dan kelas 1.200 cc yang menurunkan 3 mobil dan satu unit Mitsubishi Mirage.

Setidaknya kompetisi kejurnas ITCC yang tergabung dalam rangkaian Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) ini cukup variatif dan meskipun perbanding­annya mencolok. Yakni 16:1 untuk merek Honda banding Mitsubishi.

HASIL LOMBA ITCC 1.500 cc 1. Alvin Bahar

2. Rio SB.

3. Fino Saksono

4. Fitra Eri

5. Yogi Primantoro

1.400 cc

1. Hendrik

Abenk

2. Yulianto Adhi

3. Luckas

Dwinanda

4. Ibrahim

Faruk

1.200 cc

1. Irfan RB.

2. HM. Kurdi

FOTO:RIAN

Nah, pokoknya berpikir positif, mungkin saja di seri 3 dan selanjutny­a peserta kejurnas balap mobil (ITCC) ini bertambah kontestann­ya dan semakin seru lagi persaingan­nya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia