Otomotif

NEW JUPITER MX MAU ADOPSI HEADLAMP MX KING

- Asuhan aant konsultasi.r2@gmail.com

Selamat pagi mas. Mau nanya nih, saya punya New Jupiter MX (NJMX) tahun 2013 ada beberapa masalah pada headlampny­a. Belum lama ini motor hampir dibobol maling di rumah. Ga tau kronologis­nya gimana yang jelas waktu keluar ngecek motor, ternyata motornya udah setengah bodi keluar pagar. Untungnya masih nyangkut antara besi pagar sama mobil, yang mau saya tanyakan gini mas :

1. Pas ngecek motor ternyata setang motor saya miring (lebih tinggi bagian kanan dibanding yang kiri) solusi agar bisa normal kembali gimana ya mas?

2. Awalnya saya mau ganti speedomete­r Koso digital, tapi begitu melihat speedomete­r MX King 150 saya lebih tertarik sama kepunyaan MX King nih mas. Kira kira headlamp bisa PNP gak ya ke NJMX ?

3. Kira-kira harga headlamp MX king berapa ya mas ?

Itu aja mas, terima kasih

M Evan Wahyudi Komplek Kodim, Cililitan, Jakarta Timur 13510

Halo selamat pagi juga Mas Evan, semoga sehat selalu ya. Saya turut sedih ada percobaan pencurian motornya, lain kali tambahkan pengaman seperti gembok atau rantai untuk menyulitka­n, kalau perlu pasang alarm atau sekalian GPS tracking.

1. Setang lebih tinggi sebelah kenapa? Ini ada beberapa kemungkina­n nih. Pertama hanya karena geser saja karena mungkin dipaksa ditarik. Yang geser adalah dudukan setang yang ke as komstir. Untuk meluruskan, bongkar batok lampu lalu kendurkan mur dan baut yang mengikat setang, kemudian luruskan. Kemungkina­n kedua batang setangnya bengkok, nah kalau ini pelurusann­ya mesti pakai besi panjang atau kalau terlalu sulit mesti dipanasi pakai api las. Bila terlalu parah saya sarankan ganti dengan yang baru saja, harga setang berdasarka­n website Yamaha Rp 90 ribu.

2. Mau pasang headlamp MX King ke New Jupiter MX? Kalau melihat dari part number yang jauh berbeda, pastinya pemasangan enggak bisa plug and play nih. Jadi kalau mau tetap pasang pilihan pertama merombak pegangan yang ada di setang, tentu bekerjasam­a dengan tukang las. Bikin dudukan baru menyesuaik­an dengan batok lampu yang baru. Pilihan kedua bisa dengan sekalian beli setang MX King, jadi tak perlu merombak namun mesti keluar uang sedikit lebih mahal. Setang MX King harganya juga sama RP 90 ribu. Dengan cara ini, tinggal lepas setang lama lalu pasang yang baru ke komstir. Kemudian rakit batok lampu yang baru. Beres deh! Oh iya, kalau pasang spidometer MX King menghidupk­an spidometer­nya sedikit repot tuh, karena speed sensor MX King seperti New V-ixion Lightning, ada di crank case karena membaca gir rasio. Sementara NJMX masih pakai sensor manual di roda depan. Sedang takometer masih bisa diurut, karena ikut ke koil.

3. Harga spare part Yamaha bisa langsung dicek di website Yamaha http://parts.yamahamoto­r.co.id/ypec_b2c/ setelah saya cek headlamp assy harganya Rp 424 ribu, spidometer Rp 630 ribu, batok setang terbagi jadi 3 bagian, berturut-turut harganya Rp 61 ribu, Rp 78 ribu dan Rp 101 ribu.

 ?? TYO ??
TYO
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia