Otomotif

BAGAIMANA KACA RETAK BISA TERJADI?

-

Atas kasus pecahnya kaca belakang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tanpa sebab yang ramai dibahas komunitas Calya Sigra Community (Calsic), beberapa pihak memberi analisisny­a.

Salah satunya bengkel spesialis kaca. “Kalau masalah pada keretakan kaca seperti ini biasanya karena celah antara dudukan kaca dan kaca terlalu rapat. Bisa juga karena lampu kabut lupa dimatikan, sehingga membuat kaca menjadi panas dan cenderung rentan pecah,” kata Ferry Widi Hermawan, CRO (Customer Relation Officer) Autoglass Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Khusus dudukan kaca yang terlalu rapat memang bisa menyebabka­n kaca menjadi mudah retak. “Ibaratnya kaya kaca yang digenggam dengan kuat, pasti bisa pecah kan,” jelas Feri.

Meski demikian, Feri mengakui baru kali ini menemukan kasus tersebut. Sehingga ia hanya bisa berasumsi seputar misteri kaca retak.

Namun menurut Wanny dari bengkel spesialis kaca Moro Seneng di Senen, Jakarta Pusat, pecahnya kaca belakang Toyota Calya dengan sendirinya sangat kecil kemungkina­n terjadi. “Kalau kondisi kacanya bagus, sulit sekali untuk pecah dengan sendirinya, meski dengan suhu tinggi sekalipun. Kemungkina­n yang sering terjadi akibat hantaman obyek, meski ukurannya kecil,” terang Wanny.

Hantaman obyek sekecil apapun, namun jika tekanan atau kecepatan benda tersebut tinggi, mampu membuat struktur kaca belakang rusak dan retak. Ketika sudah retak, kaca pun rentan untuk pecah.

“Kalau sudah ada retakan sekecil apapun, kaca jadi rentan pecah, pemicu pecahnya bisa saat menutup pintu atau bagaai terlalu keras, hingga menginjak lubang saat kecepatan tinggi,” wanti Wanny.

Jika sudah pecah, terpaksa harus mengganti kaca belakang seluruhnya. Di Moro Seneng, kaca belakang Toyota Calya atau Daihatsu Sigra dihargai Rp 455 ribu plus biaya ongkos pasang sebesar Rp 250 ribu.

Untuk masalah penggantia­n kaca, Autoglass cabang Sunter maupun Pondok Pinang menyediaka­n harga Rp 550 Ribu untuk kaca belakang baru Calya-sigra. Itu belum termasuk biaya pemasangan sebesar Rp 468 Ribu.

Autoglass sendiri juga baru mengetahui pecahnya kaca belakang Calya-sigra. Hal ini karena mereka menilai mustahil, jika getaran karena pemakaian sehari-hari bisa menyebabka­n pecahnya kaca. • TIM OTOMOTIF

 ?? istimewa ??
istimewa

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia