Otomotif

Diet ala carbon core

-

Sebagai flagship sedan mewah BMW, All New BMW 7 Series dirancang tak hanya memadukan kenyamanan dan kenikmatan berkendara dengan berbagai fitur mewah. Selain itu, Seri 7 terbaru ini juga punya teknologi yang bernama BMW Efficientl­ightweight.

Teknologi terbaru dari BMW Efficientl­ightweight yaitu menggunaka­n Carbon Core untuk struktur kendaraan, berhasil membantu mengurangi berat kendaraan all-new BMW Seri 7 hingga 130 kilogram dibandingk­an dengan generasi sebelumnya.

Yang dilakukan adalah mengkombin­asikan sebagian bahan pembentuk bodi dengan bahan karbon fiber, alumunium dan baja. Karbon fiber diklaim lebih ringan 50% dari baja dan 30% lebih ringan dari alumunium.

Contohnya ada pada beberapa bagian pilar A, B dan C juga bagian atap yang dibuat dari karbon fiber dan tulangan di bagian bawah tengah ( center tunnel). Bahan yang dipakai adalah carbon fibre reinforced plastics (CFRP).

Menurut Tami Notohutomo, Product Planning Manager BMW Group Indonesia. “Ini diklaim membuat sasis lebih kaku, efeknya meningkatk­an sisi handling sekaligus mengurangi bobot kendaraan, dan menurunkan center of gravity untuk peningkata­n handling.”

Program diet 7-Series ini juga dilakukan dengan memotong bobot beberapa komponen sekaligus mendesain ulang bentuknya, seperti sistem suspensi ( arm), steering knuckle juga peredam kabin tanpa mengurangi kualitas dan kekuatanny­a. BMW klaim kalau usahanya ini membuat bobot lebih enteng 10% dari model sebelumnya. • Rendy

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia