Otomotif

upgrade performa Yamaha scorpio Z

Konsultasi.r4@gmail.com

- konsultasi.r2@gmail.com

Halo, selamat pagi dan salam kenal Bang Aant, saya Oda dari Bogor. Mau tanya nih untuk meningkatk­an performa Yamaha Scorpio Z yang aman untuk harian dan tanpa harus terlalu banyak main mesin, part apa saja yang bisa diganti? Terutama untuk nafasnya supaya bisa panjang, dan tarikan lebih yahud. Tolong juga rekomendas­ikan dong merek part- nya yang terbaik.

Sekian pertanyaan saya, semoga Bang Aant dan Tabloid OTOMOTIF makin sukses! Daniel Oda Suhendra Fitness Boomz, Pasar Baru Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Halo juga Bang Oda, sebelumnya terima kasih untuk doanya. Nah langsung kita bahas mengenai upgrade performa Yamaha Scorpio Z. Sesuai permintaan untuk lebih fokus di luar mesin, maka langkah pertama bisa ganti knalpot aftermarke­t diiringi dengan seting ulang spuyer. Dengan pembuangan makin plog, biasanya spuyer minta naik ukuran 1-2 step, namun mesti dicoba dahulu efeknya di jalan, jika power kurang plong terasa kosong dan busi terlalu putih artinya pembakaran kurang bensin, tapi kalau tarikan berat dan busi hitam berarti kebasahan. Pasnya busi warna merah bata dan tarikan terasa padat berisi.

Nah ini mesti melalui percobaan, enggak bisa langsung ketemu ukuran yang pas.

Berikutnya bisa ganti CDI aftermarke­t, seperti keluaran BRT. Kurvanya beda dengan standar, lebih advance sehingga performa bisa lebih gahar dan nafas mesin makin panjang.

Masih kurang juga? Lanjut ganti filter udara aftermarke­t, cukup yang model replacemen­t aslinya agar tak terlalu plong dan tetap bersih. Contohnya keluaran Ferrox yang modelnya juga bisa dicuci.

Bila masih belum puas, saatnya sedikit menyentuh area mesin, tepatnya bagian penyaluran tenaga yaitu kopling. Ganti kampas dengan yang lebih bagus, juga per kopling yang lebih kuat tekananann­ya. Misal keluaran BRT, CLD atau merek lain. Dengan gigitan kampas yang lebih bagus, dijamin akselerasi makin cepat dan nafas mesin juga makin panjang.

Jika dengan ubahan di atas Bang Oda belum juga puas, sambangi saja bengkel modifikasi mesin seperti BRT yang bermarkas di Jalan Mayor Oking, Cibinong, di sana bisa request porting agar aliran masuk dan buang lebih lancar, sehingga performa pun meningkat secara drastis. Dan akan makin memuaskan jika kem dan pelatuk ganti yang model roller, BRT sudah merisetnya dan menjamin memberikan kenaikan performa yang signifikan. Kem telah didesain agar angkatan klep lebih tinggi, sehingga udara dan bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak. Dan dengan pelatuk pakai roller gesekan jadi lebih ringan, efisiensi dan performa tentu saja meningkat. Nah silakan deh dicoba!

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia