Otomotif

BISA PERPENDEK UMUR

- Fariz

Hujan, panas, hujan lagi, panas lagi.. Wajib rajin bersihbers­ih nih, kalau enggak bisa menimbulka­n kerusakan pada beberapa komponen salah satunya adalah rantai.

“Kondisi seperti ini bisa membuat umur rantai lebih pendek. Ini karena tumpukan debu dan kotoran yang menempel membuat rantai kering dan mengakibat­kan gesekan berlebih. Rantai jadi berisik dan gir lebih cepat lancip,” ujar Fajar Jaya Sukmana punggawa bengkel FJR.

Cara membersihk­annya, bisa menggunaka­n sabun colek dan sikat gigi bekas, “Sikat rantai menggunaka­n sikat gigi bekas untuk menghilang­kan debu dan kotoran sampai rantai benar-benar kering juga bersih,” lanjut Fajar.

Selain memakai sabun colek ternyata chain lube juga bisa digunakan merontokan kotoran, “Semprotkan chain lube jika ada kotoran yang menempel, lalu dilap sampai kotoran hilang,” ucap Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing ( YIMM).

Namun sebelum melumasi ada hal lain yang perlu dilakukan, “Baiknya cek free play rantai. Lakukan penyetelan jika sudah melebihi batas yang ditentukan. Semprotkan chain lube jika rantai sudah bersih, pastikan free play rantai sudah sesuai dengan anjuran Siap motor berbeda, misalnya pada Yamaha MX King 20 sampai 30 mm sedangkan YZF–R25, 35 sampai 45 mm,” lanjut pria ramah ini.

Jika sudah bersih dan jarak mainnya sesuai standar, lakukan pelumasan dengan chain lube. Selain merek aftermarke­t, beberapa pabrikan motor juga sudah mempunyai chain lube sendiri seperti dari Yamaha dan Honda.

Yuk bersih-bersih! •

 ??  ?? Bisa bersihkan rantai menggunaka­n sikat gigi bekas dan sabun colek
Bisa bersihkan rantai menggunaka­n sikat gigi bekas dan sabun colek
 ??  ??
 ??  ?? Pakai kain lap untuk mengusir kotoran yang menempel
Pakai kain lap untuk mengusir kotoran yang menempel
 ??  ?? Rantai penuh debu dan kotoran bisa memperpend­ek umur rantai dan gir
Rantai penuh debu dan kotoran bisa memperpend­ek umur rantai dan gir

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia