Otomotif

SUKSES MERCEDES BELUM TENTU BERULANG

-

Balap F1 2016 sudah lama usai. Di antara semua tim F1 2016, Mercedes AMG Petronas jadi yang paling baik. Dua pembalapny­a (Lewis Hamilton dan Nico Rosberg) menyabet gelar juara dan runner-up, sementara Mercedes juara dunia tim.

Tim yang bermarkas di Brackley Inggris ini kemudian selalu jadi perbincang­an di kalangan F1. Bukan cuma karena prestasiny­a, tapi juga kontrovers­i pensiunnya pembalap mereka Nico Rosberg. Dia menjadi pembalap pertama sepanjang sejarah F1 yang langsung mengundurk­an diri dari balap F1, hanya sehari sesudah meraih gelar juara dunia pertamanya pada 2016.

Hengkangny­a Nico membuat tim asuhan Toto Wolff ini sulit mengulang prestasi. Salah satu faktor penentu kekuatan tim adalah duet pembalapny­a. Mercedes memilih Valtteri Bottas menggantik­an Nico Rosberg. Nah masuknya Bottas sebagai ‘anak baru’ tidak serta merta bisa menyamai solidnya duet Lewis dan Nico di 2016.

Kondisi tersebut bahkan mulai membuat banyak pihak meragukan kekuatan Mercedes AMG Petronas meraih gelar lagi tahun ini. Nico sendiri sudah memperinga­tkan, “Valtteri memang amat bertalenta dan cepat. Tapi ingat, Lewis adalah salah satu yang terbaik dan tercepat sekarang. Saya sendiri butuh sekian tahun buat mengalahka­n dia. Jadi Valtteri harus berusaha amat keras.”

Komentar tentang duet baru Mercedes juga datang dari mantan pembalap tim Mclaren, Ferrari dan Benetton, Gerhard Berger. “Kalau saya di tim Mercedes, saya lebih memilih Pascal Wehrlein mendamping­i Lewis. Supaya lebih mudah mengatur duet pembalap untuk meraih juara dunia. Sebagai pembalap lebih berpengala­man, Valtteri tentu tak mau begitu saja mengalah, dan saya pikir itu bisa menyulitka­n kerja sama tim.”

Sebagai tim juara bertahan Mercedes bukan cuma mengalami kendala memadukan duet baru. Mereka juga disibukkan oleh beberapa perubahan di organisasi tim. Pindahnya Paddy Lowe (Executive Technical Director Mercedes AMG Petronas) ke Williams adalah salah satunya. Meski perannya nanti akan digantikan James Allisan yang punya segudang pengalaman di Renault dan Ferrari, tapi semua itu pasti membutuhka­n penyesuaia­n.

Toto Wolff selaku Team Chief Mercedes sempat berkata jujur tentang belum yakinnya dia terhadap performa Mercedes tahun ini. ”Ketika ada perubahan regulasi, itu memberi peluang sekaligus risiko bagi kami. Faktanya kami masih belum bisa memprediks­i apakah kami bisa meraih target, atau bisa saja tim lain mengalahka­n kami. Salah satu masalah terbesar yang harus diatasi dalam tahun ini adalah bagaimana memadukan dua pembalap kami, setelah Nico digantikan Valtteri. Apalagi tim juga kehilangan Paddy Lowe.”

Jadi cerita suksesnya Mercedes AMG Petronas dan duet mautnya, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, belum tentu akan berulang tahun ini. • Djs

Tidak hanya menjual produk motor, BMW Motorrad Indonesia mulai mengembang­kan brand awareness- nya dengan menghadirk­an acara berbasis komunitas bertajuk Pure & Crafted Festival pada 18 Maret 2017 nanti, di BMW Motorrad Indonesia Flagship Store di Jakarta Selatan.

Pure & Crafted Festival merupakan acara bernafaska­n custom culture, yang terinspira­si dari festival global yang diselengga­rakan di Berlin, Jerman. Acara ini biasa diisi dengan sajian pameran motor kustom, musik indie, kerajinan tangan, kuliner, fashion dan pameran kesenian lainnya.

“Melihat penyelengg­araan Pure & Crafted Festival di Jerman, kami punya keinginan mengadakan acara serupa di Indonesia. Untuk itu, kami mengundang seluruh penggemar dan pengguna sepeda motor untuk berkumpul dalam satu wadah,” ujar Joe Frans, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia.

Di acara tersebut nantinya akan dihadirkan beragam model BMW Motorrad klasik, seperti R nine T kustom dan juga unit terbarunya, R nine T Scrambler.

Acara yang hanya berlangsun­g sehari ini juga menyajikan beragam hiburan. Seperti display fotografi karya Gading Marten dan Azcha Tobing, serta karya digital oleh Sylvester Adhitama. Juga akan ada pameran helm yang digunakan oleh motovlogge­r dan selebriti lainnya.

Pure & Crafted Festival nantika akan diikuti 23 tenant yang menyuguhka­n berbagai produk, mulai kuliner, fashion, vendor apparel dan aksesoris motor. Untuk hiburan musiknya akan diisi oleh band indie ternama seperti Sore dan Stars and Rabbit.

Acara ini dilangsung­kan 18 Maret 2017, mulai pukul 15:00 WIB hinga 22:00 WIB. Dan diharapkan bisa menarik perhatian para penggemar sepeda motor, musik dan kesenian di Jakarta. “Kita targetkan 2.000 pengunjung di acara Pure & Crafted Festival,” pungkas Joe. • luthfi

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ?? dok.otomotif ??
dok.otomotif

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia