Otomotif

Doyan Daun Muda

-

Manajer tim Monster Yamaha Tech 3, Hervé Poncharal, memang bisa dikatakan paling doyan mengurusi pembalap muda. Terbukti musim ini mereka menampung Johann Zarco dan Jonas Folger yang berstatus debutan di Motogp.

Sepertinya lebih suka dengan daun muda ketimbang pembalap yang sudah matang? “Tidak begitu juga. Kadang pembalap yang sudah matang dan penampilan­nya bagus permintaan dan tuntutanny­a jadi lebih. Baik dari urusan kontrak yang lebih besar hingga urusan motor yang supportnya harus setara tim pabrikan,” beber pria Perancis yang bersua langsung di tes Motogp Sepang, Februari lalu.

Nah hal tersebut tidak ada di pembalap muda yang menjalani debut Motogp, seperti Johann Zarco dan Jonas Folger.

“Diperkuat pembalap muda juga benefitnya tim bisa lebih memperlaku­kan pembalapny­a. Dalam arti membicarak­an target dan setting motor bisa menjelaska­n secara blak-blakan dan tidak ada yang diperlakuk­an istimewa. Beda kalau sama pembalap yang matang dan bagus,” celoteh Hervé Poncharal.

Disinggung senjata YZR-M1 tahun ini dengan regulasi baru zonder apa spesifikas­inya setara dengan tim pabrikan? “YZR-M1 kami masih yang versi tahun lalu. Bicara

dan performa yang setara pabrikan tentu buat tim independen atau satelit enggak bakal menyamai atau menang dari pabrikan. Pasalnya sudah digariskan tim pabrikan lebih hebat dari satelit,” pungkas Hervé Poncharal yang mendukung sekali sirkus Motogp bisa berlangsun­g di Indonesia.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia