Otomotif

MELIRIK MOBIL LAMA

-

Bila melihat ke belakang, Toyota Vios kali pertama hadir pada tahun 2003 dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Saat itu Vios bersaing dengan sedan sejenis, yaitu New Honda City dan Suzuki Baleno Next-g yang sama-sama mengusung kapasitas mesin 1.500.

Sayangnya, generasi pertama dari Toyota Vios ini memiliki sejumlah kelemahan, antara lain jok penumpang yang terlalu tegak sehingga membuat kurang nyaman penumpang. Selain itu, power window sebelah kemudi juga kerap macet. Nah, kalau Anda menemukan penyakit seperti ini segera bawa ke gerai spesialis power window terdekat di kota Anda.

Selanjutny­a pada tahun 2007 hadir New Toyota Vios dengan model yang sama sekali baru. Mulai dari eksterior hingga interior. “Saat ini Vios masih tetap digemari lantaran opini yang berkembang bahwa mesinnya cukup irit dan performa juga sudah teruji,” jelas Wahyudi, punggawa Optima Auto di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Kemudian pada tahun 2013 hadir model teranyar dengan perubahan total pada tampilan luar dan dalam. Untuk generasi ini, modelnya dibuat lebih sporty.

Sementara itu Daniel, punggawa dari bengkel Barcode Motorsport di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, menyaranka­n, bagi yang berminat membeli kendaraan dengan usia di atas 10 tahun, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini. “Ekstra perhatian pada bagian kaki-kaki lantaran sejumlah komponen sudah termakan usia, terlebih lagi bagi pemilik sebelumnya yang kurang perawatan,” bilangnya.

Untuk perawatann­ya sendiri, masih menurutnya tidaklah sulit, mengingat sudah banyak bengkel umum yang bisa menanganin­ya. Selain itu, ketersedia­an komponen dan body parts copotan juga banyak. • H4DI

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia