Otomotif

Yaris Mesin Calya

Toyota Yaris jadi salah satu hatchback paling laris di Indonesia, dan versi terbarunya pasti sudah dinantikan para pengemarny­a

-

Beberapa waktu lalu di Thailand, Toyota baru saja meluncurka­n model Yaris terbaru dengan tampilan depan dan belakang yang sama sekali baru. Desainnya mengikuti platform Toyota New Global Architectu­re ( TNGA).

Uniknya, Yaris terbaru ini juga mengusung mesin baru yang mungkin bakal bikin Anda tercengang. Bagaimana tidak, Yaris yang terkenal dengan dapur pacu berkapasit­as 1.500 cc, ini malah volume silinderny­a mengecil jadi 1.2L alias 1.200 cc. Tentu ini akan berdampak pada performa yang dihasilkan.

Akan kah masuk Indonesia? Ketika dikonfirma­si, pihak Toyota Astra Motor ( TAM) selaku Agen pemegang Merk Toyota di Indonesia, belum mau memberikan keterangan resmi. Tapi menurut info yang beredar, Toyota Yaris dengan mesin 1.2L ini akan diperkenal­kan di Indonesia pada semester awal tahun 2018.

Di Thailand, Toyota Yaris terbaru ini dibanderol dengan harga 609.000 Baht, atau sekitar Rp 244.000.000. Di Indonesia nanti akan jadi berapa ya? • Ario

Soal fitur, Ayla 1.2L R A/T bisa diacungi jempol. Dengan harga di bawah Rp 150 juta, dan mendapatka­n varian tertinggi, Daihatsu tidak pelit fitur. Teknologi headlamp- nya sudah projector, dengan LED position lamp yang berbentuk garis. Desain seperti ini, seakan hubungkan lampu kiri-kanan serta gril kromnya. Tak perlu pasang DRL aftermarke­t, karena Ayla sudah punya sebagai standarnya. Saat kunci mobil diputar ke posisi ON, DRL langsung menyala. Tipe tertinggi sudah dilengkapi body kit keren. Ornamen eksterior yang beri kesan mewah antara lain gril krom, lis krom di kaca, lampu sein di spion, side stone guard, fog lamp, serta pelek 14 inci yang diberi kelir hitam dan finishing polished. Pilar B juga sudah dicat hitam, agar kesan tampil manis. Masuk kabin, beberapa fitur ditambahka­n seperti mengontrol sistem audio di setir ( audio steering switch), monitor 2 DIN touchscree­n, lengkap dengan DVD player yang terlihat mewah. Interior terutama dasbor memang terkesan sederhana. Namun beberapa aksen menarik ditambahka­n, seperti doortrim dari bahan fabric dengan motif baru yang menarik, sama dengan jok. Fitur keamanan, Ayla 1.2 R sudah dilengkapi dual SRS airbag, sensor parkir di bumper belakang. Kuncinya sudah dilengkapi fitur immobilize­r dan alarm. Satu-satunya fitur yang tak dipunyai Ayla, tapi menjadi standar di varian tertinggi Brio E Satya dan Agya TRD 1.2, adalah rem ABS. Sayang sekali Daihatsu tak melengkapi­nya dengan fitur keselamata­n ini.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia