Otomotif

Mobil Motor

-

Bunyi Mesin honda Blade

Halo mas bro nan baik, nanya dong! Pada mesin motor Honda Blade keluaran 2014 saya, ada suara kletekan waktu mesin dipanaskan. Tetapi kalau sudah jalan suara tersebut tidak terlalu kedengaran.

Padahal motor baru diservis di AHASS, dan saya sudah sampaikan keluhan saya, tapi kok suara kletekan malah tambah parah ya?

Apa penyebab suara tersebut? Terima kasih. Olih Solihin Astanaanya­r, Bandung 40243

Halo juga Kang Olih, sebelumnya terima kasih sudah rajin bertanya di rubrik konsultasi ini, jangan tertinggal tiap edisi ya! Biar tidak terlewat saat pertanyaan­nya dimuat.

Mari sekarang kita bahas mengenai suara dari mesin Honda Blade. Suara berisik dari mesin saat masih dingin, biasanya karena setelan katup yang celahnya terlalu longgar. Dan ketika sudah panas berisiknya jadi menghilang atau berkurang, karena sirkulasi oli sudah mencukupi untuk meredam suara dan juga masuk ke celahnya. Sementara saat masih dingin oli belum bersirkula­si sempurna, jadi butuh waktu.

Namun mestinya saat kondisi normal, suaranya tidak terlalu nyaring. Coba saat servis lagi minta dicek ulang celah klepnya. Untuk klep masuk atau in, standarnya 0,10±0,02 mm dan klep keluar atau ex 0,17±0,02 mm. Jika lebih dari itu, pasti suaranya berisik.

Selain celah klep atau katup, kemungkina­n tersangka lainnya adalah keteng. Seiring usia mesin, kondisinya pasti sudah molor atau memanjang, rolnya juga biasanya sudah aus, sehingga menimbulka­n suara berisik terutama ketika masih dingin, karena seperti saya ulas

tadi, pada kondisi ini olinya belum bersirkula­si sempurna.

Coba minta periksa juga ketengnya, jika memang sudah aus, segera ganti satu set, keteng dan rolnya biar suara mesin kembali halus.

suara NGOROK honda VARIO 125

Halo Mas Aant, salam dan sukses selalu untuk OTOMOTIF.

Mau konsultasi nih mas tentang motor matik yang sekarang saya pakai, adalah Honda Vario 125 tipe CBS non ISS, yang saya keluhkan adalah keluarnya suara kasar/ngorok dari mesin CVT yang terdengar jelas setiap kali mesin dihidupkan pertama kali, atau posisi mesin motor berjalan pelan. Hal ini membuat kurangnya kenyamanan dalam berkendara. Pernah saya konsultasi­kan pada service advisor di bengkel resmi tapi katanya tidak ada masalah, padahal itu cukup mengganggu kenyamanan saya dalam berkendara.

Nah saya mau nih Mas Aant bagi tipsnya gimana caranya supaya motor matik saya jadi enak suaranya enggak terdengar kasar/ngorok lagi. Terima kasih. Roman Prasetiyo Morangan, Sleman, Yogyakarta

Halo juga Mas Roman, terima kasih pertanyaan­nya, mari langsung kita ulas. Suara ngorok di Honda Vario 125 sudah berulang dibahas OTOMOTIF sejak pertama kemunculan­nya, bahkan sudah dilakukan eksperimen untuk mengurangi, yang bahkan juga diterapkan Honda ketika keluar versi barunya.

Penyebab ngorok dari analisa berasal dari sedotan angin dari kipas yang berada di balik radiator. Pada Vario 125 generasi awal, bilah kipasnya panjang sehingga sedotan udaranya lebih kuat, bagus untuk pendingina­n tapi efek negatifnya keluar suara ngorok tadi. Kendati tak pengaruh ke performa, tapi memang mengurangi kenyamanan dari sektor suara.

Untuk mengatasin­ya bisa ganti kipasnya pakai milik Honda PCX 125 atau yang generasi awal, dudukan bautnya sama persis tapi punya bilah yang lebih pendek. OTOMOTIF sudah mencobanya dan memang signifikan berkurang suaranya.

Suara ngorok juga dicurigai berasal dari boks filter udara yang besar dengan belalai dari throttle body panjang, makanya pernah juga dicoba dikasih sekat pakai busa filter Supra. Hasilnya cukup membantu mengurangi ngorok kendati tak signifikan.

Jadi kalau mau mengurangi suaranya, silakan Mas Roman cari kipas milik PCX 125, lalu dipasang. Caranya terlebih dahulu melepas radiator, baru kipasnya bisa diganti.

Demikian jawaban saya, semoga bisa membantu menyelesai­kan keluhan motor kesayangan­nya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia