Otomotif

Bantingan avanza kayak dikocok

-

Kepada bapak Andhika di tempat. Salam sejahtera! Pertama saya ucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, sehingga kita bisa bertukar cerita, dan diberikan nikmat sehat. Bapak Andhika, saya memiliki mobil Grand New Avanza tipe G 1.300 cc M/T tahun 2017.

Saya memiliki permasalah­an dengan mobil tersebut, dan tolong diberikan solusinya. Masalahnya sebagai berikut, pada saat melalui jalan keriting, melaju dengan kecepatan 70 km/jam, baik diisi 2 orang ataupun 8 orang, mobil terasa limbung ke kanan dan ke kiri. Sampai anak saya mabuk. Padahal selama ini menggunaka­n sedan, anak saya tidak pernah mabuk. Ini dengan kondisi penumpang 4 orang.

Mobil sudah saya pasang active stabilizer (karet damper per), memang agak mengurangi. Tapi pada kecepatan 70 km/jam lebih, tetap limbung, meskipun diisi 8 orang lebih. Bahkan penumpang belakang seperti dikocok-kocok perutnya.

Saya sudah complain ke beres (bengkel resmi, red) Toyota. Katanya memang begitu karakter Avanza. Pertanyaan­nya:

Kalau saya mau mobil saya terasa nyaman dan empuk suspensiny­a dan tidak limbung, apa saja yang perlu diganti? Apalah betul per belakang Avanza diganti dengan per BMW seri E46 bagian belakang? Per depan Avanza diganti pakai per mobil apa biar nyaman. Perlukah suspensi ke 4 roda saya ganti dengan Kayaba Ultra double action?

Bisakah Avanza saya rubah mendekati kenyamanan sedan? Kalau bisa, apa saja yang harus diubah? Tolong berikan rekomendas­i bengkel yang bisa menangani lengkap dengan nomor teleponnya. Berapa estimasi biayanya?

Demikian surat dari saya, terima kasih atas bantuannya. Mohon maaf bila ada salah kata dan tulisan! Anwar Sodikin Pasar Kemis Tangerang – 15560

Salam sejahtera juga Anwar Sodikin dan keluarga di Tengarang. Alhamdulil­lah, kita dipertemuk­an rubrik konsultasi ini. Semoga penjalasan saya berikut, bisa bermanfaat buat Anda dan keluarga, maupun pembaca lainnya, aamiin..!

Oke, perlu Anwar ketahui, dari sekian banyak low MPV yang beradar di Tanah Air, Avanza dan saudaranya Xenia, memiliki ground clearance yang lumayan tinggi, yakni mencapai 200 mm. Sementara beratnya (kosong), hanya mencapai 1.085 kg. Tentu dengan spek seperti itu, setingan suspensiny­a berbeda dari yang punya ground clearance rendah. Apalagi bila dibanding dengan sedan yang rata-rata ground clearancen­ya lebih rendah lagi. Kalau sedan, dibikin empuk masih memungkina­n. Sebaliknya bila diterapkan di low MPV macam Avanza yang ground clearance tinggi, efeknya akan membuat bantingan mobil jadi berisiko mudah mengayun ketika melintas jalan bergelomba­ng atau saat maneuver. Bagi yang tadinya terbiasa naik sedan dan belum pernah naik Avanza, pasti akan merasakan seperti yang dialami oleh anak Anda. Tapi memang, dari beberapa testimoni beberapa orang yang pernah menggunaka­n mobil ini, bila dibanding produk sekelas lainnya macam Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, Honda Mobilio dan sebagainya, bantingan suspensi Avanza sedikit lebih keras. Sehingga ketika dibawa melewati jalan yang tidak rata, akan sangat terasa guncangann­ya. Tapi meski begitu, mobil keluarga ini penjualann­ya paling laris loh saat ini di Indonesia. Nah, bila memang pihak beres menyatakan tidak ada masalah dengan suspensiny­a dan memang seperti itu karakterny­a, jika Anwar dan keluarga merasa tidak nyaman dengan bantingan suspensiny­a, ya paling solusinya adalah dengan menempuh jalur modifikasi di bagian kaki-kaki.

Misalnya mengganti per dengan yang lebih empuk. Nah, menurut beberapa pengguna Avanza, agar bantingan belakang lebih lembut, memang ada yang menyebutka­n bisa aplikasi per belakang milik BMW E46. Ada juga yang bilang pakai punya BMW E26, atau seri 3 E36. Atau bisa juga yang pakai milik Audi A4. Tapi, ada juga yang bilang pakai produk aftermarke­t, bisa membuat gejala limbung jadi hilang, seperti merek Kingspring. Baik belakang maupun depan.

Tapi soal bagaimana hasil akhirnya, mesti Anda juga yang merasakann­ya. Karena pas tidaknya bantingan suspensi sebuah mobil, tergantung karakteris­tik yang bawa atau penumpangn­ya. Oh iya, soal pertanyaan Anda mengenai apakah bantingan suspensi Avanza bisa dibikin senyaman sedan, rasanya akan sulit. Namun kalau mendekati, mungkin bisa saja. Tapi tetap karakterny­a akan beda.

Untuk bengkel yang bisa menangani modifikasi suspensi mobil sejuta umat ini, coba bapak Anwar sambangi Katulistiw­a Suryanusa Motorsport di kawasan Jl. Pramuka Raya Kav.69, Jakarta Timur. Nomor teleponnya (021) 4248-384. Atau bisa juga ke bengkel spesialis kaki-kaki yang terpercaya di kota Anda. Sementara soal biaya yang dibutuhkan, masingmasi­ng bengkel pastinya punya tarif berbeda. Dan tentunya tergantung pula penggantia­n part kaki-kakinya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia