Otomotif

Fitur & Teknologi

-

Piaggio MP3 merupakan skuter 3 roda pertama di dunia dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), yang terhubung dengan Accelerati­on Slip Regulation (ASR) atau bahasa umumnya traction control. Adanya ASR ini akan mencegah roda belakang dari selip karena dengan mesin hampir 500 cc ini cukup mudah roda belakang tergelinci­r, oiya ASR ini bisa dinonaktif­kan, tapi harus hati–hati buka gasnya ya!

Dua roda di depan membuat pengalaman berkendara lebih menyenangk­an, sederhanan­ya kedua roda depannya ditopang dengan 4 lengan alumunium yang terhubung dengan berbagai link dan bearing sampai ke setang atau disebut parallelog­ram.

Asyiknya dilengkapi dengan pegas hidrolis elektrik yang bisa membuat kedua rodanya mengunci kaku, caranya dengan menekan tombol yang berada di setang. Ini berguna ketika berhenti, pengendara tidak perlu menurunkan kaki, begitu juga saat parkir jangan coba cari standar samping!

Ketiga cakramnya dilengkapi ABS 3 channel yang terasa smooth tidak menghentak saat terjadi selip, selain itu ada juga rem kaki. Jika rem kaki diinjak maka ketiga kalipernya akan mengurangi laju motor, sehingga tangan tidak perlu menarik tuas rem. Ada juga rem parkir yang tuasnya berada di tengah kedua kaki pengendara, aktifkan saat berhenti di tanjakan atau sedang parkir.

Melihat spidometer­nya hampir mirip ketika melihat spidometer mobil mewah. Sebelah kiri terdapat penunjuk kecepatan dan bensin, sedangkan di kanan ada takometer dan suhu mesin. Sedangkan di tengah ada layar digital yang berisi info lengkap seperti jam, suhu udara, rata–rata konsumsi bahan bakar, voltase aki, trip, dan odometer.

Lalu ada 11 lampu indikator di sekitar spidometer­nya mulai dari indikator lampu utama, lampu jauh, indikator bensin, indikator tekanan oli, indikator injeksi, immobilize­r, ABS, ASR, dan 4 indikator bahaya. Keempat indikator tersebut adalah roll lock warning, engine shut-down, no roll dan hand brake. Ada juga tombol untuk membuka jok dan tombol ASR.

Di bagian atas spidometer­nya ada komparteme­n kecil cukup untuk menaruh sarung tangan, dilengkapi juga dengan USB charger. Kurang besar? Tidak perlu khwatir karena ada bagasi di bawah jok yang bisa memuat 2 buah helm full face. Oiya untuk membuka joknya bisa menggunaka­n remote yang juga berguna sebagai bike finder untuk memudahkan pengendara mencari motor di parkiran, keempat lampu sein akan berkedip saat bike finder dipencet.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia