Otomotif

Naik PERFORMA Dengan Manipulasi SUHU

-

Untuk meningkatk­an performa mesin motor, salah satu caranya ganti knalpot aftermarke­t, kemudian biar lebih maksimal pasang piggyback biar pasokan bensin bisa dimanipula­si sesuai kebutuhan. Nah ada semacam piggyback dengan cara kerja sederhana namanya Booster Plug. Apakah itu?

“Ini seperti piggyback, tapi sederhana, caranya memanipula­si bacaan suhu Air Intake Temperatur­e Sensor, umpan ke ECU diubah jadi lebih dingin sehingga semprotan bensin ke ruang bakar jadi lebih banyak,” terang Tomy Bramudia, dari Ngayun Speed yang pasang di Kawasaki Versys 1000 miliknya.

Dengan cara kerja demikian, menurut Tomy torsi jadi terasa naik, “Cocok buat besutan turing,” imbuhnya. Menurut klaim Booster Plug yang berasal dari Denmark ini, efek lainnya mengurangi nembak setelah ganti knalpot, respons gas jadi lebih halus dan mengurangi menyendat saat putaran rendah.

Bagaimana cara pasang barang yang dijual Rp 2,7 juta ini? “Gampang banget, tinggal colok di soket Air Intake Temperatur­e Sensor yang nempel di boks filter, kalau di Versys 1000 letaknya di sisi belakang, jadi harus buka tangki dahulu,” jelas Mumu, mekanik Ngayun Speed.

Yuk lihat cara pasangnya! • Aant

Seperti biasa harga pasaran Ninja RR bekas di pasaran cukup bervariasi. Usia motor sangat berpengaru­h terhadap besaran harga, di luar kondisi motor. Kisaran harganya di atas saudara nakednya, Ninja R. Pasarannya berada di angka Rp 25 juta sampai di atas Rp 30 juta.

“Pasarannya cukup bagus, tapi kalau di kita unitnya cukup susah didapat, kami menjual unit tahun 2013 di

atas Rp 26 juta, kalau model lama di bawah itu, tapi masih di atas Rp 20 juta,” terang Surya dari Aji Motor Pamulang, Tangerang Selatan.

“Peminatnya lumayan banyak, di sini kita harga terendah kita jual Rp 22 juta buat tahun 2010, kalau tahun 2014-2015 di atas Rp 30 juta” tambah Jerry dari Jerry Motor Sport di Cakung, Jakarta Timur.

Di situs jual beli online pun harganya tak jauh beda, tetapi masih ada yang menjual Ninja RR tahun 2010 ke bawah dengan harga kurang dari Rp 20 juta. Namun, kebanyakan unit tersebut berada di luar Jakarta.

 ??  ?? Ini Booster Plug, barangnya kecil dan simpel. Ada 2 soket dan sebuah sensor suhu
Ini Booster Plug, barangnya kecil dan simpel. Ada 2 soket dan sebuah sensor suhu
 ??  ?? Soket yang aslinya pasangkan juga dengan yang dari Booster Plug
Soket yang aslinya pasangkan juga dengan yang dari Booster Plug
 ??  ?? Letakkan Booster Plug di tempat aman biar tidak terjepit
Letakkan Booster Plug di tempat aman biar tidak terjepit
 ??  ?? Lepas soket Intake Air Temperatur­e Sensor di bagian belakang filter, lalu pasang yang dari Booster Plug
Lepas soket Intake Air Temperatur­e Sensor di bagian belakang filter, lalu pasang yang dari Booster Plug
 ??  ?? Letakkan sensor suhu pada tempat yang tidak kena panas mesin, salah satunya di sebelah aki
Letakkan sensor suhu pada tempat yang tidak kena panas mesin, salah satunya di sebelah aki
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia