Otomotif

Ini 4 penyebabny­a !

-

Pada rubrik konsultasi, Alexander Sarwo Edi asal Yogyakarta bertanya mengenai apa penyebab ban motornya Honda Supra X 125 botak sebelah. Tentunya dalam kondisi normal mestinya ban habisnya imbang di tengah (gbr.1). Jadi apa sebabnya?

Permukaan ban habis hanya satu sisi, hanya kanan atau kiri ternyata bisa dari beberapa hal. “Itu biasanya karena kondisi tak normal tapi dipacu terus-menerus,” buka Dodiyanto, Marketing Product Developmen­t PT Gajah Tunggal Tbk, selaku produsen ban IRC dan Zeneos.

Dodiyanto melanjutka­n, kondisi tak normal itu salah satunya suspensi mati sebelah (gbr.2), paling sering oli bocor. “Biasanya orang awam tidak tidak ngeh soal suspensi,” imbuhnya. Karena mati sebelah, otomatis tekanan keduanya jadi tidak imbang, maka permukaan ban yang menapak juga ikut miring, sehingga efeknya botak sebelah.

Dan ternyata tak hanya itu, Sriyono, Technical Service Division PT Astra Honda Motor menambahka­n, bahwa ban botak sebelah bisa juga karena kondisi segitigany­a dan bearing.

Bila segitiga (gbr.3) bengkok, misal pernah jatuh atau tabrakan berakibat posisi ban jadi tidak lurus. Begitu pula bila bearing roda (gbr.4) rusak atau aus, tentu juga bisa membuat ban menggelind­ing tak lurus.

Terakhir Dodiyanto dan Sriyono sepakat tekanan ban juga bisa jadi penyebab, entah sering kurang atau malah terlalu keras. “Jadi jangan lupa rajin cek tekanan angin (gbr.5) ya!” tutup keduanya kompak. • Aant

Generasi terakhir ini muncul dengan tampang baru, fairingnya cenderung mengotak kaku, tak aerodinami­s seperti sebelumnya. Pakai mesin 148 cc berkode 1855 dengan tetap Super KIPS, tapi ada tambahan HSAS dan catalytic converter untuk mengurangi kadar emisi gas buang. Untuk spesifikas­i kaki-kaki dan pengereman tak ada perubahan berarti.

Generasi terakhir ini diproduksi sampai Juli 2015. Tapi sampai 2017 ini masih ada beberapa dealer yang menyimpan stoknya, dan dijual dengan harga fantastis, tembus Rp 60 juta!

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia