Otomotif

UPGRADE KAKI-KAKI

-

Seperti pernah diuji langsung oleh tim OTOMOTIF, saat diisi full penumpang (7 orang), body Toyota Calya langsung turun lumayan banyak. Ini membuat ground clearancen­ya jadi makin rendah, dan itu juga pasti terjadi pada Daihatsu Sigra, yang notebene kembaranny­a.

Memang sih hampir semua pabrikan, pasti tidak menyaranka­n para pemilik mobil untuk nekat menerjang banjir. Namun bila itu terpaksa dilakukan, pengguna mobil harus pertimbang­kan beberapa hal terlebih dulu, salah satunya ground clearance.

Nah, bila ingin Calya-sigra mampu melibas genangan air yang tidak terlalu tinggi pada kondisi full penumpang, modifikasi pada kaki-kaki bisa jadi solusi. Misalnya mengganti sokbreker dan per, serta pelek dan ban agar ground clearance tetap tinggi.

Untuk suspensi belakang, kini Astra Otoparts sudah menyediaka­n produk aftermarke­tnya yang bisa mengatasi amblasnya Calya-sigra saat terisi full penumpang. “Bila menggunaka­n sokbreker dan per dari Kayaba ini, maka keluhan pemilik Calya Sigra ini bisa diminimali­sir,” ujar Rio Sanggau, selaku Chief Executive Marketing Astra Otoparts.

Kelebihan suspensi buatan Kayaba ini, memiliki diameter yang lebih besar dan lebih kokoh untuk sokbrekern­ya. Sementara diameter wire pernya, juga lebih besar. “Jadi lebih kuat menopang beban dan meredam guncangan di segala permukaan jalan,” tukas pria ramah ini.

Sok ini bisa dibeli di outlet Shop & Drive dengan harga Rp 1,45 juta sepasang kiri kanan. Itu sudah termasuk per dan sokbrekern­ya.

Jika Anda ingin ditambah dengan mengganti pelek asli yang hanya berdiamete­r 14 inci pakai yang lebih besar, ikuti rekomendas­i dari Sukmono dari gerai pelek Permaisuri Ban di BSD, Tangerang ini.

“Yang aman buat penggunaan harian, sebaiknya ganti ke diameter 15 inci atau 16 inci saja,” ujar Mono, sapaan akrabnya. Untuk bannya, mulai dari profil 55 sampai 60 bisa jadi pilihan, tentu saja masih mengutamak­an kenyamanan.

Pilihan peleknya diantarany­a adalah replika RZ II ukuran 15x7 inci motif gloss black seharga Rp 5,8 juta, lalu ZEN 1122 ukuran 16x7 inci dengan motif matte black (Rp 5,9 juta), atau Pista ukuran 16x7 inci dengan harga Rp 5,8 juta.

Dijamin makin keren deh!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia