Otomotif

TRIK TERABAS GENANGAN AIR

-

Ketika terpakasa harus menerjang banjir atau genangan air, yang harus diperhatik­an adalah cermati dulu ground clearance mobil Anda, serta posisi intake udaranya apakah di atas atau di bawah?

Nah, Calya dan Sigra punya intake udara lumayan rendah di ruang mesin. Jadi, jika sobat mendapati genangan air lumayan dalam dan berisiko membuat mesin mati, lebih baik putar balik aja deh.

Jika pede (percaya diri, red) melibas genangan, “Jangan lupa matikan AC untuk mengurangi beban mesin, sekaligus mengurangi resiko hubungan arus pendek sistem kelistrika­n mobil,” saran Rudi Ganevia, selaku Service Head Auto 2000 Krida, Cilandak, Jakarta Selatan.

Selain itu, lebih baik siapkan jarak aman dengan mobil di depan, dan memang sebaiknya ada mobil lain di depan untuk membuka riak air. Tujuannya agar mobil Anda tidak langsung berhadapan dengan air.

Jalan perlahan, jangan ngebut dan jangan sampai berhenti juga. Karena jika berhenti, vakum udara yang terjadi saat mobil berjalan juga akan berhenti dan air akan tersedot ke ruang mesin via intake dan masuk juga ke gearbox via lubang hawa.

Untuk yang Calya-sigranya bertransmi­si manual, gunakan gigi 1 dan usahakan gantung kopling. Sementara yang menggunaka­n transmisi otomatis, pindahkan tuas ke posisi ‘2’ atau yang paling rendah. Pasalnya, beban mobil akan bertambah saat melibas genangan, sehingga mobil butuh traksi.

“Tapi sampai saat ini, belum ada keluhan atau laporan ada Toyota Calya yang bermasalah akibat terjang genangan air. Kami yakin, Toyota terus mengembang­kan kualitas yang lebih baik pada Calya,” yakin Rudi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia