Otomotif

BOBBER CAFE RACER

GSX-R150 cafe racer” “Terinspira­si dari

- Fajrin, Aant

Yang tempo hari datang ke Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) 2017 dan mampir ke booth Suzuki, pasti ingat ada sebuah GSX-R150 yang dimodifika­si jadi cafe racer. Nah ternyata, Saleh Anwar dari Sunter, Jakarta terinspira­si dari modifikasi itu untuk merombak Honda CBR150R miliknya ini.

Inspirasin­ya jelas, modifikato­rnya pun enggak perlu gambling, langsung dipilih yang garap GSX itu juga. Tentu ke Yustinus “Iyus” Ernawan dari Insan Motor yang bermarkas di Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

“Mintanya konsep sama cafe racer seperti GSX, cuma ada permintaan khusus minta pakai ban Coker,” terang Iyus yang asli Malang. Ban ini modelnya gendut klasik, jadi kalau diperhatik­an konsepnya malah jadi campuran cafe racer dan bobber.

Biar klop dengan ban Coker, Iyus sengaja pasang teromol Honda CBX yang klasik, ciri khasnya disc brake tapi tertutup, jadi mirip rem teromol. “Biar terlihat kekar,” ujar modifikato­r yang sedang berbahagia atas kelahiran putrinya ini.

Agar bisa terpasang, teromol ini dipadukan dengan sokbreker upside down aftermarke­t yang lebar dan dikendalik­an setang jepit. Sedang belakang cukup lengan ayun standar dilebarkan.

Selanjutny­a baru bodi digarap sesuai pakem cafe racer setelah aslinya dilucuti. “Sebelumnya sasis belakang sudah dipotong sekitar 40%, kemudian dibikin ulang dari pipa seamless diameter 0,5 inci agar buntut CBR150R jadi pendek dan lebih klasik,” ungkap Iyus. Baru kemudian dikasih “buntut tawon” ditemani jok tunggal berlapis kulit.

“Sedang tangki sengaja masih bergaris tegas modern bukan model peanut biar gak jadul-jadul banget,” papar Iyus yang pakai pelat galvanis sebagai bahan tangki. Kesan agak modern juga terlihat di undercowl, yang sekilas sporti, termasuk footstep yang dipakai racing banget!

Tapi secara keseluruha­n keren sih!

 ??  ?? Rangka belakang dipapas biar rata, baru dikasih buntut tawon Daymaker, Lampu andalkan modern memberi nuansa Setang tentu model jepit dan ditemani spidometer digital
Rangka belakang dipapas biar rata, baru dikasih buntut tawon Daymaker, Lampu andalkan modern memberi nuansa Setang tentu model jepit dan ditemani spidometer digital
 ??  ?? Teromol Honda CBX yang unik dipadu ban Coker, klasik banget!
Teromol Honda CBX yang unik dipadu ban Coker, klasik banget!
 ??  ?? Bentuk tangki sengaja agak modern, biar beda dengan cafe racer kebanyakan
Bentuk tangki sengaja agak modern, biar beda dengan cafe racer kebanyakan
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia