Otomotif

Sukses Bina ke asia

-

Gelaran balap motor semerek atau one make race (OMR), Honda Dream Cup (HDC) tahun ini fokus pembibitan pembalap muda. Pada gelaran HDC Jakarta di sirkuit Kemayoran, Jakarta Pusat (29/10) pun ada kabar bagus. Ada empat nama yang sukses berkompeti­si di Asia Talent Cup (ATC) tahun depan. Mereka adalah; Afridza Syach, M. Agung Fachrul, Mario. S.A, dan M. Adenanta. Para pembalap muda tersebut baru saja menjalani seleksi di sirkuit gokart Sepang, Malaysia sebelum HDC Kemayoran.

Tujuan HDC jelas, membuka kesempatan dan menambah jam terbang pembalap muda yang rata-rata usianya di bawah 16 tahun. Tak hanya HDC, PT. Astra Honda Motor (AHM) juga membuka kelas pembinaan, Astra Honda Racing School (AHRS). Contohnya M. Adenanta dari tim Honda Simple Concept OLE B-pazz KYT

Bagi Adenanta yang pernah meraih kemenangan di Thailand Talent Cup dengan tipe motor yang sama, Honda NSF250R ia lebih ‘pede’ untuk ATC 2018. “Soalnya di AHRS aku sering balapan dan latihan pakai motor sport (Honda CBR150R) jadi badan dan gaya balap juga makin terbiasa. Penjenjang­an Honda memang bagus banget, saya masih usia segini saja sudah berkesempa­tan balap di Asia tahun depan,” kata pembalap yang masih 13 tahun ini.

Saat seleksi ATC, point utama penilaiann­ya adalah gaya balap, titik pengereman, dan catatan waktu. Secara mengejutka­n, Mario menjadi yang tercepat dari yang ikut seleksi. Tercatat 55 detik jadi catatan waktu milik pembalap Sidrap Honda Daya KYT Nissin IRC Trijaya tersebut dengan motor Honda CBR250R.

“Bisa dibilang karena 2 seri terakhir Kejurnas Sport 250 aku dikasih kesempatan pakai motor sport 250 cc (Honda CBR250RR) jadinya lebih terbiasa. Apalagi kalau balapan di HDC itu sehari 2 balapan, jadi sekaligus nguji ketahanan fisik,” kata pembalap berkepala pelontos tersebut.

“Pembinaan berjenjang AHM melalui keikutsert­aan di ATC 2017. Dengan ketekunan dan tekad yang kuat, kami optimis pembalap muda Indonesia tersebut secepatnya akan mampu menghasilk­an prestasi bahkan sampai ke jenjang Motogp,” pungkas Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analysis AHM. • ADV

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia