Otomotif

SCRAMBLER DUKE

Edisi 25 XXVII 1 - 7 november 2017

- Rangga

Naked bike lansiran KTM, Duke 250 punya tampilan dan performa yang jempolan. Tapi buat Ahmad Nursyamsu, dianggap masih kurang greget. “Untuk mempertega­s kesan motor naked yang garang, makanya dimodif,” buka Achu, panggilan akrab Ahmad.

Achu pun memboyong tunggangan­nya ke JDM Project yang terletak di bilangan Jatiwaring­in, Jakarta Timur untuk dipergaran­g. Konsep modifikasi­nya jatuh pada Street Scrambler.

Ubahan pertama dan yang paling jelas tentu saja ban, Achu menggunaka­n Continenta­l TKC 80 dan Shinko E805 yang memiliki kembangan kasar menggantik­an standarnya, ini juga sekaligus sebagai identitas motor scrambler.

Ban ini membalut pelek standar yang sebelumnya dipolish dan dibalur warna black chrome. Tapi sepatbor depan terpaksa dicopot karena ban jauh lebih besar. Kotoran nyiprat kemana-mana ini sih!

Ubahan berikutnya menyasar sektor suspensi. Yang depan dibongkar kemudian dirakit dan diseting ulang oleh Ohlins, sedang belakang ganti dengan merek yang sama.

Beralih ke bodi, beberapa part seperti shroud, under cowl, cover radiator, cover rantai dan behel belakang dilapis pakai karbon asli. Kemudian headlamp diberikan cover dari KTM Powerparts dan bohlam ganti LED. Selanjutny­a, setang bawaan ditanggalk­an ganti model fatbar dari Protaper seri Contour, dengan hand grips dari DMV. Namun, saat melongok ke dashboardn­ya, panel spidometer tidak terpasang. Ternyata spido mengembun dan rusak jadi dilepas. “Udah klaim ke KTM, cuma belum ada respon,” sesal Achu.

Di sektor performa, Achu mengganti saluran gas buang dengan produk Akrapovic. Silencer standar memakai slip- on milik Yamaha R6 dengan mid pipe dari KTM 390 yang dilengkapi catalityc converter. Agar proses pembakaran tetap sempurna, piggyback dari Powertroni­c tidak luput dipasang.

Karena performa udah oke, pengereman juga diupgrade. Dimulai dari penggantia­n master rem pakai Brembo RCS 15 dan selang rem braided, demi feel pengereman yang lebih baik. Dipadu cakram Galfer 300 mm floating disc dari KTM Powerparts.

Hasil akhirnya, KTM Achu kini stand out banget di jalan. Keren!

“Untuk mempertega­s kesan motor naked yang garang, makanya dimodif”

 ??  ?? Knal slip- pot onr6 plus mid Duke pipe blaa 390, aar!
Knal slip- pot onr6 plus mid Duke pipe blaa 390, aar!
 ??  ?? Foto: rangga
Foto: rangga
 ??  ?? Ini pelek standar lho! Cuma dipolish dan dibalur warna black chrome
Ini pelek standar lho! Cuma dipolish dan dibalur warna black chrome
 ??  ?? Cakram full floating dari KTM Power Parts, makin ciet!
Cakram full floating dari KTM Power Parts, makin ciet!
 ??  ?? Ada DRL ngumpet di cover radiator, awas ditilang!
Ada DRL ngumpet di cover radiator, awas ditilang!
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia