Otomotif

SUPERMOTO CENTIL!

part “Seng ajang ekrom beberapa biar kelihatan manis”

- Fariz

Kawasaki KLX 150 tergolong motor fleksibel, jika bosan dengan standarnya sebagai penggaruk tanah, bisa dengan mudah dirombak jadi supermoto. Contohnya yang dilakukan Ando Rendra Arandycha pada Kawasaki KLX 150 lansiran 2015 ini. Tapi yang dilakukann­ya beda dengan kebanyakan.

“Saya ambil konsep supermoto, tapi pakai ukuran ban standar saja, gak terlalu lebar. Karena kalau pakai ban lebar bikin tarikan jadi berat, beda kalau pakai ukuran ini,” ujar Ando sapaannya, sambil menunjuk motornya.

Langsung saja sepasang pelek Takasago Excel Asia dengan lebar 1.60x17 dipasang, dikombinas­i ban soft compound yang biasa dipakai balap motor bebek. “Pakai ban FDR Sport MP96 ukuran 90/80-17 untuk depan dan belakang,” lanjutnya.

Selesai itu agar tampilan lebih menarik bodi dibalut decal, “Terinspira­si dari motor grasstrack, suka sih lihat kombinasi warnanya. Tapi model desainnya beda nih,” tunjuk Ando. Kombinasi warna pink, kuning, biru dan putih bikin tampilan KLX 150 ini terlihat centil tapi tetap garang, unik nih!

Setelah itu motor jangkung ini juga diberi sentuhan krom di beberapa bagian, seperti footstep, pijakan persneling, standar samping, termasuk tabung suspensi belakang yang dikombinas­i ulir per warna hijau ngejreng, “Sengaja ngekrom beberapa part biar kelihatan manis, hehe,” canda pemukim di Pekanbaru, Riau ini.

Mesin juga tidak dibiarkan standar, langkah bore up dilakukan demi menaikkan tenaga yang bawaannya terasa loyo. “Piston pakai diameter 62 mm, lalu noken as BRT dan bubut magnet,” akunya. Dipasang juga oil cooler Suzuki Satria F150, karbu PE 28 dan knalpot WRX.

Blarrr..

 ??  ?? Suspensi standar jadi keren karena kombinasi krom dan hijau ngejreng
Suspensi standar jadi keren karena kombinasi krom dan hijau ngejreng
 ??  ?? Kombinasi lebar pelek 1.60x17 dan ban 90/80-17 tidak membebani mesin
Kombinasi lebar pelek 1.60x17 dan ban 90/80-17 tidak membebani mesin
 ??  ?? Knalpot WRX ngumpet di balik bodi Oil cooler comot Satria F150 bantu menjaga suhu oli mesin
Knalpot WRX ngumpet di balik bodi Oil cooler comot Satria F150 bantu menjaga suhu oli mesin
 ??  ??
 ??  ?? Setang pipa Pro Taper berkelir emas dengan hand grip pink bikin motor terlihat centil
Setang pipa Pro Taper berkelir emas dengan hand grip pink bikin motor terlihat centil
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia