Otomotif

NIH BAGGER RP 1 MILIAR!

-

Desain

Segi desain jika melihat sekilas dari depan maka persis seri K 1600 GT, Tapi perhatikan bagian belakang, khas Bagger dengan sudut melengkung ke bawah dan ada boks di kanan dan kirinya.

Joknya kini terlihat menyatu dengan pembonceng dan landai mengikuti lekuk bodi. Bodi belakangny­a model baru, beda dengan versi GT dan GTL, dimana lampu belakang LED berada tepat di boks kanan dan kiri dengan model meruncing landai. Lalu kedua silencer knalpotnya datar dengan balutan krom yang eksklusif.

Pembeda lainnya tipe Bagger ini ada chopped windscreen di mana windscreen lebih pendek jika dibandinga­n dengan versi GT dan GTL, tapi tetap bisa dinaik-turunkan secara elektronik menggunaka­n tombol yang ada di saklar kiri setang.

Selain memperkena­lkan varian R Nine T G/S, BMW Motorrad Indonesia juga memperkena­lkan varian K 1600 B. Kode B di belakang artinya Bagger. Banderolny­a Rp 975 juta off the road. Kalau on the road lebih dari Rp 1 miliar nih!

Berminat membelinya? Simak dulu yuk impresi pertamanya. • Rangga, Fariz

Fitur & Teknologi

Untuk motor yang punya harga hampir Rp 1 milyar, tentu fiturnya melimpah. Pertama sudah keyless, remot cukup dikantongi, untuk menyalakan cukup menekan tombol di setang. Remotnya juga berfungsi sebagai alarm dan untuk membuka boks.

Sektor kaki-kaki pakai suspensi depan BMW Motorrad Duolever, central spring strut dan BMW Motorrad Paralever di belakang yang sudah didukung fitur Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjusment), sehingga keras lembut redaman bisa diatur secara elektronik melalui saklar di area setang.

Untuk kenyamanan, ada fitur hand grip heater juga seats heater dalam 5 setelan panas untuk pengendara dan pembonceng. Area spidometer terkesan mewah dengan dua buah jarum menunjukka­n kecepatan dan raungan mesin. Sisi tengahnya ada MID.

Untuk memudahkan saat parkir karena bobot sangat berat, 336 kg, BMW membekali fitur gigi mundur. Tapi karena kerjanya pakai dinamo starter, kemiringan jalan tidak bisa lebih dari 7° dan muatan tak terlalu berat.

Dibekali juga 3 mode berkendara Rain, Road, dan Dynamic yang dikontrol dengan DTC (Dynamic Traction Control), yang menjaga roda belakang agar tidak selip saat akselerasi.

Fitur keselamata­n ada ABS yang mengawal dua cakram depan diameter 320 mm dijepit oleh kaliper Brembo 4 piston, belakang cakram tunggal 320 mm dijepit kaliper 2 piston.

Alas roda terbilang lebar, menggunaka­n pelek depan 3,5 inci dibalut ban 120/70-17 dan belakang 6 inci dengan ban 190/55-17.

Mesin pakai 6 silinder segaris berkapasit­as 1.649 cc berpending­in cairan, klaim tenaga puncak 160 dk di 7.750 rpm dan torsi maksimum 175 Nm di 5.250 rpm. Transmisi 6 percepatan yang diteruskan dengan shaft drive atau kopel. Penasaran dengan performany­a nih, pasti gahar!

Riding Position

Menaiki Bagger sudah pasti posisinya nyaman, dengan tinggi jok 780 mm yang tebal dan lebar, bikin pengendara postur 170 cm bisa menapak dengan sempurna. Tapi perlu upaya ekstra saat mendirikan dari posisi standar samping, bobotnya 336 kg bro! Beratnya gile! Setangnya tinggi dan punya hand grip berdiamete­r kecil, cocok untuk tangan Indonesia. Saat duduk sangat nyaman karena joknya sangat tebal dan empuk, disertai juga dengan pengganjal pinggang yang menambah kenyamanan. Jadi terbayang nikmatnya melaju sambil menyalakan fitur cruise control, wuuss...

 ??  ?? foto: hafizh
foto: hafizh
 ??  ?? Footstep depan bisa membuat kaki pengendara lebih santai, fitur ini tidak ada di varian GT dan GTL Windscreen pendek, tapi bisa diatur secara elektrik melalui saklar di setang
Footstep depan bisa membuat kaki pengendara lebih santai, fitur ini tidak ada di varian GT dan GTL Windscreen pendek, tapi bisa diatur secara elektrik melalui saklar di setang
 ??  ?? Lampu belakang baru LED lancip berada di boks kanan dan kiri
Lampu belakang baru LED lancip berada di boks kanan dan kiri
 ??  ?? Jok tebal dan lebar bikin pengendara nyaman, ada emboss K 1600 B juga tuh
Jok tebal dan lebar bikin pengendara nyaman, ada emboss K 1600 B juga tuh
 ??  ?? Ini dia saklar R yang berfungsi untuk memundurka­n motor
Ini dia saklar R yang berfungsi untuk memundurka­n motor
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia