Otomotif

Masalah dan Solusi

-

Penyakit bawaan macan ternyata cukup banyak, maklum usianya paling muda menginjak 5 tahun dan tertua 24 tahun. “Paling sering tangki keropos karena air masuk dari tutupnya,” terang Agustinus Purwanto, dari bengkel Nero Speed yang memang spesialis Tiger di Purwokerto, Jawa Tengah.

Untuk mencegah keropos, disarankan rajin kuras tangki setidaknya tiap 6 bulan dan lebih sering saat musim hujan. Dan jika terlanjur keropos, bisa ditambal dengan dilas atau ganti baru sekalian.

Penyakit kedua menurut Agus, sapaan akrabnya, yang sering ditemui komstir cepat rusak, solusinya terpaksa ganti baru. “Lalu karet gir belakang kalau sudah gantian pasti cepat rusak lagi, jadi harus rajin ganti,” terangnya.

“Master rem belakang rawan macet, biasanya karena berkerak jadi bisa dibersihka­n saja, kalau bocor baru ganti silnya,” lanjut mekanik 37 tahun ini.

Bagaimana dengan mesin? “Asal rajin ganti oli, mesin Tiger bandel termasuk tensionern­ya bisa sampai 50 ribu km. Kalau ngebul setelah 5 tahun, biasanya cuma ring piston macet banyak kerak, dibersihka­n saja beres,” paparnya. Tuh catat ya!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia