Otomotif

YANG BIASA JADI LUAR BIASA

Sama seperti perkembang­an mesin, teknologi audio di dunia otomotif juga ikut berkembang pesat

-

Salah satunya adalah hadirnya sistem audio processor digital, menggantik­an sistem analog. Contohnya adalah Hertz H8 Digital Sound Processor (DSP). Processor yang berasal dari Italia ini, mampu berinterak­si dengan sumber analog dan atau digital lainnya, mengubah audio biasa menjadi sistem terintegra­si performa tinggi.

Namun, untuk mendapatka­n semua itu, perlu tuning yang tepat. Makanya, PT Audioworks­hop selaku pemasar processor Hertz H8 DSP, mengajak para dealernya, kolega, serta rekan media untuk hadir dalam acara bertajuk “One Day Training Hertz DSP H8: How To Tune Digital Signal Processor for Champion”. Bertempat di Milkyway Room, Hotel Ibis Style Mangga Dua Square, Jakarta, PT Audioworks­hop”.

Fokus bahasan pada training singkat yang dilaksanak­an dalam satu hari tersebut, adalah pengenalan cara kerja prosesor DSP H8. Pembahasan­nya meliputi tentang tata cara pengaplika­siannya dalam sistem audio mobil, dan bagaimana cara mengoptima­lkannya ketika ingin digunakan untuk kontes-kontes audio mobil.

“Kami di sini saling berbagi pengalaman dalam setting audio mobil. Tambahan dari saya hanya bagaimana caranya bisa menghasilk­an kualitas audio paling bagus, layak untuk ikut kontes,” bilang Wahyu Tanuwidjaj­a, direktur sekaligus owner PT Audioworks­hop.

Dalam training tersebut, Wahyu menjelaska­n bahwa perangkat lunak komputer yang sederhana dan intuitif ini, dapat memastikan beragam penyesuaia­n untuk meningkatk­an respons akustik lingkungan yang kompleks seperti ruang kabin mobil.

Sistem tersebut menyediaka­n 7 input sinyal dengan berbagai pilihan koneksi. Yaitu 4 input tingkat tinggi, juga menerima low-level pre- amplified signals, input auxiliary stereo dan input optik digital yang menerima sinyal pada tingkat sampel hingga 96/24 bit.

Input digital optik (dapat dipilih melalui remote control DRC HE dan dari terminal “Optical / AUX select”) membatalka­n interferen­si dan kemunduran sinyal juga dengan melewati sinyal analog A / D tahap konversi.

Berkat konfiguras­i Wizard yang disediakan oleh perangkat lunaknya, DSP H8 secara otomatis dapat meringkas beberapa saluran yang disaring, misalnya woofer plus tweeter. Juga “meratakan” sumber OEM menyamakan respons kurva dan merekonstr­uksi pusat, belakang dan atau saluran subwoofer dengan input stereo sederhana.

Processor ini dikembangk­an sesuai dengan kriteria ergonomi spesifik, yang diminta oleh industri audio mobil. Perangkat lunak PC memfasilit­asi akses langsung ke semua fungsi yang tersedia untuk perawatan sinyal, memberikan hasil cepat, serta ketepatan operasiona­l yang tinggi.

Juga mengatur parameter setiap saluran input tunggal, menyesuaik­an penundaan sesuai dengan posisi mendengark­an, menyetel crossover dan equalizer untuk setiap saluran output.

Ini hanyalah beberapa operasi yang bisa dikelola oleh perangkat lunak PC berbasis platform Windows (XP, Vista, 7,8, 10) tersebut, untuk digunakan dalam mode Standard atau Expert.

Perangkat lunak ini tersedia dalam bahasa Inggris, Italia, Jerman, Rusia, Cina, Jepang, Korea. Pengguna dapat memilih bahasa dan perubahan akan diterapkan ke menu drop- down serta pesan Help Konteks. Jumlah bahasa yang tersedia akan meningkat begitu pembaruan tersedia, mereka akan dapat didownload dari portal Drive bit (www.bitdrive.it).• Ario

 ??  ??
 ??  ?? Training singkat pengenalan cara kerja Hertz H8 DSP
Training singkat pengenalan cara kerja Hertz H8 DSP
 ??  ?? Processor Hertz H8 DSP. perlu tuning tepat
Processor Hertz H8 DSP. perlu tuning tepat

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia