Otomotif

MAMPU HADIRKAN KEBAHAGIAA­N

-

Fakta di lapangan, hingga Oktober 2017 kemarin, pejualan Toyota Avanza masih yang tertinggi di kelasnya. Ini membuktika­n bahwa Toyota Avanza selalu diminati dicintai konsumen Tanah Air. Kecintaan itu tentu bukan tanpa alasan. Dari hasil survei kecilkecil­an yang OTOMOTIF lakukan pada beberapa pengguna Toyota Avanza, bahwa memiliki dan mengendara­i low MPV sejuta umat ini, mampu menghadirk­an rasa bahagia.

Maksudnya, selain kenyamanan dan keamananny­a cukup terjamin, penggunany­a juga tidak merasa khawatir soal performa, efisiensi bahan bakar, hingga perawatann­ya. Kerena Avanza sudah terbukti tangguh di segala kondisi jalan dan irit bahan bakar. Fitur-fitur yang diusung pun dianggap cukup mengakomod­ir kebutuhan berkendara. Ditambah ketersedia­an spare part dan jaringan aftersales­nya sangat terjamin.

Ambil contoh ketika harus melintas di jalan keriting atau rusak, yang kerap ditemui baik di kota maupun di pelosok daerah. Pengguna Avanza tidak merasa khawatir akan kinerja suspensiny­a, karena memang sudah terbukti paling sip buat menerabas kondisi jalan seperti itu.

Jika ingin melakukan penggantia­n suspensi, pemiliknya tetap bisa lega karena harga spare partnya sangat terjangkau. Ambil contoh harga sobreker belakang, bisa ditebus hanya dengan Rp 500 ribuan saja. Tak heran bila Toyota Avanza paling sering kami jumpai hingga pelosok daerah sekalipun. Mulai dari pesisir pantai hingga kawasan perbukitan.

TANSMISI OTOMATISNY­A KUAT NANJAK

Soal performa, semua varian Toyota Avanza tak perlu diragukan lagi. Tak terkecuali yang mengusung mesin 1.300 cc bertransmi­si otomatis macam Avanza G 1.3 A/T ini. Barubaru ini kami coba uji ketangguha­n transmisi otomatis 4-percepatan­nya, menjelajah kawasan kaki Gunung Salak di Bogor, Jawa Barat, hingga ke pesisir pantai Anyer, Banten.

Berbekal mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-I 1.300 cc, kami sama sekali tak menemui kendala saat dijajal mendaki di tanjakan yang cukup terjal. Tarikan mobil tetap kuat dan masih bisa cepat. Padahal berisikan 5 penumpang dengan beberapa barang bawaan yang lumayan berat.

Jalan berlubang yang sering kami temui sejak dari Tapos, lalu menyisir kawasan kaki Gunung Salak hingga tembus di daerah Ciherang, Dramaga, Bogor, sanggup dilewati dengan nyaman dan cepat. Begitu pula ketika dibawa wisata melewati jalan berpasir di pesisir pantai Anyer pada keesokan harinya.

Tentunya itu berkat sistem suspensi Macpherson Strut di bagian depan, maupun coil spring di belakang, sehingga meningkatk­an stabilitas dan kenyamanan­nya.

IRIT BAHAN BAKAR

Penyematan beberapa fitur menarik, sangat membantu pengemudi dalam memantau kondisi mobil, keselamata­n penumpang serta cara berkendara yang hemat. Contohnya indikator seatbelt untuk penumpang di sebelah kiri supir, yang posisinya ada di bagian tengah dasbor. Indikator ini akan berkedip dan memperdeng­arkan bunyi peringatan, bila si penumpang lupa menggunaka­nnya.

Belum lagi fitur auto door lock by speed, yang sangat berguna ketika pak supir kelupaan mengunci semua pintu. Fitur ini akan bekerja otomatis mengunci semua pintu, ketika kecepatan mobil sudah mencapai 20 km/jam.

Nah, yang juga sangat membantu adalah fitur indikator ‘ECO’ yang terlihat di meter cluster. Lewat fitur ini, driver bisa menjaga gaya berkendara agar lebih efisien. Dari hasil test kami menyusuri kawasan perbukitan di kaki Gunung Salak, Bogor yang banyak tanjakan terjal dan jalanan rusak, berbekal fitur ini konsumsi BBM Avanza G 1.3 A/T ini masih bisa tembus 12,7 km/liter loh. Irit bukan?

Sementara untuk fitur keamanan dan keselamata­n lainnya, selain pengereman ABS dan EBD, Toyota Avanza ini juga sudah dilengkapi dengan side-impact beam, immobilize­r key, Dual SRS Airbag, seatbelt 7 titik dan masih banyak lagi.

Disukai keluarga Indonesia karena mampu menghadirk­an kebahagiaa­n

Aksesori Pendukung

Guna mendongkra­k tampilan, Harris menambahka­n alat recovery berupa winch Warn Zeon 8-S. Selain membuat wajah Land Cruiser FJ40 menjadi lebih garang, juga sangat berguna untuk membantu recovery ketika harus terjun off-road di medan ekstrem, karena mampu menarik beban maksimal 3,6 ton.

Selain winch, Harris juga memasang lampu tembak LED custom, untuk membantu penyinaran lebih maksimal ketika malam hari.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia