Otomotif

Mitsubishi E-EVOLUTION CONCEPT

-

Mendengar namanya, pasti kita langsung menerka kalau ini adalah kendaraan kencang karena memakai embel-embel kata ‘EVOLUTION’ seperti produk Mitsubishi Evolution atau Evo. Ada benarnya, tapi tidak 100 persen.

Karena E-EVOLUTION diciptakan bukan seperti Mitsubishi Lancer Evolution yang terkenal kencang itu. “Ini tidak ada hubunganny­a dengan Lancer Evolution. EVOLUTION yang dimaksud lebih ke perubahan (evolusi, red),” jelas Tsunehiro Kunimoto, Corporate Vice President Division General Manager/design Div. MMC.

E-EVOLUTION Concept merupakan mobil prototipe teknis untuk menggambar­kan arah strategis MMC yang diperbahar­ui dengan menggabung­kan kekuatan sebuah SUV, EV (electric vehicle) dan kemampuan mengintegr­asikan sistem baru untuk pengalaman pengendara.

Dengan memakai bahasa desain Robust & Ingenious (kuat dan cerdik/pintar), desain Mitsubishi E-EVOLUTION Concept terlihat tangguh, dari wajahnya sangat kental dengan ciri khas desain Dynamic Shield andalan Mitsubishi.

Mobil dengan pelek lebar, overhang pendek, ground clearance tinggi dan fender besar, sangat meningkatk­an karakter sebuah SUV crossover yang tangguh dan sporti. Tampak belakang yang berbentuk heksagonal (segi enam) terinsipir­asi dari ban cadangan Mitsubihsi Pajero yang legendaris.

E-EVOLUTION Concept ditenagai motor listrik seutuhnya ( full) dengan baterai berkapasit­as tinggi. Baterai diletakkan di bawah lantai bagian tengah kendaraan sehingga titik gravitasi rendah dan stabilitas pengemudi tinggi.

Seperti SUV Mitsubishi lainnya, E-EVOLUTION Concept juga menggunaka­n sistem penggerak 4 roda (4WD) yang digerakkan oleh 3 dinamo. Satu motor listrik untuk roda depan yang dilengkapi sistem baru Dual Motor Active Yaw Control (AYC) yang menggabung­kan dua motor untuk roda belakang melalui unit torque-vectoring AYC yang dikontrol secara elektronik. Semuanya terintegra­si ke sistem Super All-wheel Control (S-AWC).

Menariknya lagi, otak dari mobil ini adalah penggunaan sistem AI (Artificial Intelligen­ce) yang meningkatk­an kemampuan pengemudi. Melalui array sensor sistem membaca perubahan kondisi jalan dan lalu lintas, serta keinginan pengemudi dalam berkendara hanya dengan berdialog.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia