Otomotif

Latihan MENUJU EVENT

-

Meski event resmi drifting belum terdengar gaung pelaksanaa­nnya, namun Drift Camp tetap menyelengg­arakan acara latihan dan coaching clinic bersama (28/10). Sebanyak 90 peserta dari berbagai daerah di Jateng, Jabar dan Jatim ikut dalam kegiatan ini.

Berbeda dibanding Drift Camp lainnya, kali ini diselengga­rakan menjauh dari Jakarta. Yakni mengambil lokasi di Stadion Manahan, Solo, Jateng. “Permintaan dari lokasi itu ada. Kita juga uji coba keluar Jakarta, ternyata pesertanya cukup banyak,” ungkap Denny Pribadi, sebagai penyelengg­ara.

Menurut arek Suroboyo tersebut, Drift Camp sebenarnya tak terlalu melihat event drifting itu sendiri. “Maksudnya, ada atau tidak ada kejuaraan drifting, Drift Camp tetap ada kok. Seandainya ada event, maka bisa dijadikan latihan sebelum event. Tapi kalau tak ada event, Drift Camp bisa jadi ajang latihan drifter pemula yang malu atau takut untuk ikut event,” komentar Denny.

Konsep Drift Camp itu sendiri yakni menjadi ajang latihan bersama dan menjaring para drifter baru untuk siap bertanding ketika event sudah berjalan baik.

Dengan konsep tersebut, maka setiap kali Drift Camp didatangka­n juga para drifter kategori pro dan rookie untuk berbagi ilmu kepada para ‘anak-anak’ baru tersebut. Di Solo ‘tenaga pengajar’ yang datang yakni Akbar Rais, Lucky Reza, Abdul Aziz, Evan, Rocca, Dede Muhaimin dan Arya.

Tak segan para drifter pro dan rookie tersebut ikut langsung dalam mobil. Selain berbagi mengenai cara drifting, juga membangun mobil drift yang benar dan sesuai regulasi serta keamanan.

Selain itu, demi melakukan simulasi tanding, di Drift Camp juga dibagi dua sesi latihan. Sesi awal untuk single practice. Masing-masing peserta diminta latihan sendiri atau ditemani oleh ‘pengajar’.

Sesi siang atau kedua barulah menjalanka­n latihan tandem (tandem battle). Jadi, masing-masing peserta berlatih dua mobil sekaligus. Ada yang sebagai leader dan juga berganti posisi sebagai chaser.

Latihan-latihan dikemas semirip mungkin dengan event sebenarnya. Sehingga ketika drifter baru ini melaju ke event sudah terbiasa. • toncil

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia