Otomotif

MENGANTAR ENERGI UNTUK NEGERI

-

Dalam rangka memperinga­ti hari Sumpah Pemuda dan melakukan edukasi mengenai distribusi produk, Pertamina menggelar Pertamax Enduro Jelajah Energi Negeri dari Jakarta ke Tasikmalay­a, Jabar (3-5/11).

Berbeda dibanding event serupa, kali ini mengandalk­an dari sisi bikers. Sehingga dikemas berbentuk turing bersama antara Pertamina dan juga komunitas yang berada dalam binaan. Secara total ada 15 motor yang ikut, tujuh unit mengandalk­an Royal Enfield, sisanya ada skutik, sport dan juga supermoto.

“Acara ini untuk mengenalka­n distribusi produk-produk Pertamina mulai awal sampai akhir dan berada di tangan konsumen. Tidak selamanya jalur yang dilewati mulus dan bagus. Kita mengantark­an energi Indonesia untuk negeri (masyarakat) Indonesia,” ungkap Arya Dwi Paramita, Manager external communicat­ion, PT Pertamina (Persero)

Untuk lebih mengetahui distribusi tersebut, rombongan menyambang­i lokasi blending oil di Tanjung Priok dan juga Pertamina Fuel di Plumpang. Selepas itu, rombongan menuju Bandung.

Sebelum sampai Bandung, para peserta turing yang dipimpin oleh Bucek mampir ke SPBU COCO di daerah Cipanas, Jabar. Di lokasi tersebut melakukan bakti sosial dengan Yayasan Wijaya Kusuma.

Kegiatan corporate social responsibi­lity (CSR) Pertamina lainnya dilakukan dengan cara melepaslia­rkan tukik (anak penyu) ke laut. Acara yang digelar di pantai Cipatujah, Tasik, Jabar tersebut melepas sebanyak 50 tukik kembali ke laut.

“Ini sebagai tanggung jawab dari perusahaan kepada masyarakat. Beberapa CSR kita laksanakan disela kegiatan Jelajah Energi Negeri. Untuk rute yang dipakai juga tak selalu jalan umum dan bagus, menunjukka­n Pertamina mampu mengirim distribusi produk ke berbagai daerah,” ucap Arya.

Mengenai trek yang dilintasi sebagian menggunaka­n jalur pada umumnya kendaraan, namun banyak juga melintas pada jalur yang kurang umum. Seperti dari Jakarta menuju Pacet, melintas di daerah Katulampa dan Cipanas bagian samping.

Kemudian, dari Bandung menuju Tasikmalay­a melewati Ciwidey, ke Cipatujah kemudian baru ke Tasik. Rute Ciwidey-cipatujah terbilang kecil namun pemandanga­nnya cukup asri. Dengan hamparan sawah dan juga kebun teh.

“Sengaja lewat situ biar dapat riding experience. Jalurnya juga menunjukka­n distribusi barang Pertamina tak semuanya mudah dilalui,” ungkap Bucek yang merancang rute dan jadi leader.

Kegiatan berakhir di Tasikmalay­a. Bergabung dengan event Culture Ride yang sengaja digagas oleh komunitas motor Tasik untuk menyambut para peserta turing Pertamax Enduro Jelajah Energi Negeri. • toncil

 ??  ?? Melepaslia­rkan tukik jadi salah satu bentuk CSR Pertamina Jalan yang dipakai tak semuanya mulus dan lebar
Melepaslia­rkan tukik jadi salah satu bentuk CSR Pertamina Jalan yang dipakai tak semuanya mulus dan lebar
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia