Otomotif

AMAN DARI MALING DENGAN DUA SENTUHAN

-

Kasus pencurian motor masih sering terjadi di sekitar kita. Mayoritas maling membobol kunci bermodalka­n kunci T dengan waktu hanya dua sampai lima menit saja! Setelah itu motor bisa dihidupkan dan raib dibawa maling.

Buat yang motornya sudah keyless sih relatif lebih aman, karena kendati kontak dibobol pun mesin enggak akan hidup. Nah bagaimana dengan yang belum keyless? Sebaiknya memang pasang pengaman tambahan. Yang baru ada Super Lock nih. Apaan tuh?

Dijelaskan Ade Habibie dari Super Spring yang memproduks­i dan menjual Super Lock yang disingkat Slock, ini merupakan pengaman ganda tambahanny­a di motor.

“Kerjanya dengan memutus arus kontak sehingga ketika motor dikontak ON, motor tidak bisa distarter. Biar kelistrika­n bisa hidup, harus menyentuh 2 buah sensor yang telah dipasang untuk menonaktif­kan pengaman Slock, sehingga motor bisa distarter kembali. Lalu ketika kontak sudah pada posisi OFF, pengaman Slock langsung aktif,” paparnya.

“Jadi walaupun kunci dijebol pakai kunci T oleh maling dan bisa diputar ke ON, mesin tidak akan hidup, karena semua kelistrika­n motor mati,” imbuh Habibie yang bermarkas di Cengkareng, Jakarta Barat ini.

Slock ini bisa dipasang di semua motor, harganya cukup terjangkau, dibanderol hanya Rp 199 ribu. Asyiknya ada garansi seumur hidup serta pemasangan gratis dan bisa langsung di rumah customer.

Pemasangan slock

Pemasangan Slock dicontohka­n pada Yamaha X-ride. Untuk catatan ada 6 kabel dari Slock. Pertama sambung kabel hitam ke massa (Gbr.1). Lalu potong kabel output kelistrika­n dari kontak, di X-ride ini warna coklat. Kabel yang dari kontak sambungkan dengan kabel merah strip putih, sedang yang ke kabel bodi sambung dengan yang hitam strip putih dari Slock (Gbr.2).

Selanjutny­a pasang kedua kabel hijau yang merupakan sensor, ke 2 baut berbeda yang tak terhubung dengan massa, misal baut bodi dekat kontak (Gbr.3). Terakhir ada saklar (Gbr.4) yang fungsinya untuk mengaktifk­an atau mematikan Slock ini. • Fajrin

 ??  ?? 2 Super Lock: 0857-1176-3222 4
2 Super Lock: 0857-1176-3222 4
 ??  ??
 ?? FOTO: FAJRIN ?? 1
FOTO: FAJRIN 1
 ??  ?? 3
3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia