Otomotif

atasi MIKA Lampu Berembun

Kembali heboh masalah mika lampu berembun di mobil baru

- Kyn, Dic

Baru-baru ini di salah satu grup komunitas dan pecinta Wuling Confero di facebook, ada anggotanya yang curhat soal mika foglamp Wuling Confero S 1.5L miliknya berembun setelah mobil dipakai hujan-hujanan.

“Berembun… Yang lain gini juga kah? Atau memang ini normal? Sudah 24 jam lebih dari hujan terakhir kemarin siang,” posting akun bernama Andhika Permana, sembari memperliha­tkan foto-foto foglamp Confero S 1.5L miliknya yang tampak berembun.

Kontan saja postingan Andhika disambut komen dari beberapa anggota komunitas tersebut. “Punya saya malah headlampny­a om yang berembun,” sebut akun bernama Solehan Siswanto. Ada juga yang menyaranka­n untuk segera melaporkan masalah tersebut ke bengkel resmi terdekat, agar bisa diatasi.

Ketika masalah ini OTOMOTIF tanyakan langsung ke pihak Wuling, “Memang sempat dengar keluhan ini. Tapi soal penyebabny­a apa, mesti dicek dulu. Karena ada beberapa hal yang bisa menyebabka­n mika lampu berembun,” bilang Kusumanend­ra Triyudhant­o, selaku After-sales Operation Manager PT. SGMW Motor Indonesia saat bertemu OTOMOTIF di bengkel resmi Wuling Depok, Jawa barat.

Sebenarnya masalah mika lampu berembun ini, baik di foglamp maupun headlamp, juga kerap terjadi di mobil lain. Seperti dialami salah satu kru OTOMOTIF di Suzuki Ertiga keluaran 2013. Nah, mengenai apa saja yang bisa menyebabka­n mika lampu tersebut berembun, kami coba menanyakan ke beberapa pakar lampu.

Menurut Hari dari gerai limbahan bodypart Syifa Jaya di BSD Otopart, Tangerang, penyebab lampu berembun ada beberapa hal. “Kalau lampu belum pernah dibongkar atau mungkin sekadar ganti bohlamnya saja, bisa jadi karet tutup bohlamnya kurang rapat atau ada sobek. Bisa juga ada keretakan di mika lampunya atau rumah lampunya jadi tidak kedap,” bilang Hari.

Periksa juga lubang pembuangan hawa panasnya. Mungkin saja tertutup sesuatu, sehingga membuat embun tak bisa keluar bareng hawa panas yang dipancarka­n lampu.

Namun kalau pernah dibongkar, “Bisa jadi penyebabny­a dari sealant yang kurang bagus atau kurang rata. Sehigga ada hawa atau air dari luar masuk, akhirnya menimbulka­n embun bahkan genangan air di dalam rumah lampu,” ujar Ananta, dari gerai modifikasi lampu Avantgarde di kawasan Gading Serpong, Tangsel. Kalau begini, harus dibongkar lagi dan di sealant ulang sampai tidak ada kebocoran lagi.

“Biasanya sih sealant bawaan pabrik lebih bagus.namun terkadang karena faktor usia, sealantnya jadi kering dan lama-lama membuat kekedapan pun berkurang, akhirnya jadi embun,” ucap Limarga, marketing CV. Sampurna Part Niaga selaku pemegang merek lampu Autovision di Indonesia.

Jadi sebaiknya kalau timbul masalah seperti diatas, bawa saja lampu mobil Anda ke gerai reparasi lampu, yang berpengala­man memperbaik­i atau memodifika­si lampu mobil seperti Syifa Jaya atau Avantgarde. Aman!

Minor change dilakukan Nissan di tahun 2011. Tak ada perubahan berarti di bagian eksterior. Hanya desain radiator gril, lampu belakang serta model pelek.

Perubahan terdapat pada fitur interior seperti perangkat audio. Head unit 2 DIN untuk tipe 2.0 Mt/autech, dan 2.0 Cvt/autech. Tipe 2.5 St/autech dibekali DVD layar sentuh, termasuk juga yang 2.5XT yang ditambah dengan aplikasi TV tuner.

Ada pula fitur intelligen­t key yang tersedia pada tipe 2.0 Cvt/autech, 2.5 St/autech, dan 2.5 XT yang memudahkan akses masuk, mengunci pintu, dan membuka bagasi hanya dengan satu sentuhan pada handel pintu.

OTOMOTIF saat 2011, melakukan pengetesan terhadap X-trail 2.0 X-tronic CVT. Tak banyak berubah dibandingk­an versi sebelum minor change. Pada akselerasi 0-100 km/jam masih bermain di angka 12,4 detik. Akselerasi pertengaha­n 40-80 km/jam ditempuh dalam waktu 4,9 detik.

Pun begitu untuk konsumsi bahan bakarnya. Menggunaka­n bensin RON 92, pengetesan di dalam kota menunjukka­n angka 8 km/liter. Sedangkan di kecepatan konstan 100 km/jam (sekitar 2.000 rpm) menghasilk­an konsumsi 12,19 km/liter. Dan luar kota meminum bensin 10,69 km/liter.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? NISSAN X-TRAIL 2.0 XTRONIC CVT 2011
NISSAN X-TRAIL 2.0 XTRONIC CVT 2011
 ??  ?? NISSAN X-TRAIL 2.0 XTRONIC CVT 2009
NISSAN X-TRAIL 2.0 XTRONIC CVT 2009

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia