Otomotif

indikator TEMPERATUR CARNES ii

-

Salam sukses OTOMOTIF! Salam Mas Andhika, mohon pencerahha­nya nih. Saya baru saja meminang Kia Carens 2 tahun 2007. Yang mau saya tanyakan;

1. Kia Carens 2 saya kok kalau dinyalakan jarum penunjuk temperatur langsung naik setengah, apa itu normal? Saya pernah nanya di komunitas Kia Carens, katanya memang seperti itu apa itu benar?

2. Kia Carens 2 saya kalau dipanaskan di pagi hari kurang lebih 4 menit, radiator terasa cepat panas sekali. Namun di blok mesin panasnya biasa, apa itu masih ada hubunganya dengan jarum penunjuk temperatur yang langsung naik setengah? Padahal air radiator sering saya ganti seminggu sekali.

3. Kia Carens saya kalau masuk gigi 1 kok rasanya ndut-ndutan kayak bensin telat atau mesin mau mati. Kira-kira apanya yang perlu dicek? Kalau buat tanjakan kok mobil rasanya berat, padahal penumpang tidak penuh, apa benar memang karakter Kia Carens seperti itu kalau di tanjakan agak lemah?

4. Apa resikonya bila timing belt Kia Carens putus, apakah bisa menyebabka­n kerusakan mesin?

Itu saja mas. Terimakasi­h atas pencerahan­ya. Sukses selalu, salam OTOMOTIF! Susanto Tri Purnomo Notog RT.4/RW.1 Patikraja Banyumas - Jawa Tengah 53171

Salam sukses juga buat Mas Susanto. Langsung saja simak jawaban ya. Soal jarum indikator temperatur yang langsung bergerak setengah, kalau sebelumnya mesin dalam keadaan sudah panas, itu wajar. Tapi kalau mesinnya dingin dan ketika kunci kontak diputar On jarum penujuknya langsung bergerak ke tengah, saya curiga ada masalah dengan sensor temperatur­nya. Coba deh ganti sensor tersebut, toh harganya di online shop hanya berkisar Rp 200 ribuan saja.

Untuk radiator yang terasa lebih panas dibanding pada blok mesin saat mesin baru dihidupkan 4 menit, itu wajar kok. Perlu Mas Susanto ketahui, meski di blok mesin belum begitu panas, namun di bagian dalamnya (terutama di silinder) sudah lebih panas tuh. Makanya cairan pendingin yang mengalir dari rongga seputar blok silinder ke radiator, panasnya sudah tinggi.

Mengenai lari mobil ndutndutan, banyak faktor yang bisa menyebabka­n hal itu. Mulai dari kinerja busi yang sudah lemah, filter udara dan filter bensin kotor, injektor dan throttle body mulai banyak ditumpuki kerak dan sebagainya. Maklum, usia pakai Kia Carnes II kamu kan sudah lumayan lama. Saran saya, coba lakukan tune up secara menyeluruh, biar performany­a fresh lagi.

Terakhir soal akibat yang akan ditimbulka­n bila timing belt putus, sudah pasti bisa membuat mesin rusak. Paling parah, piston bisa bolong dan klep patah akibat saling bertabraka­n. Makanya, perawatan timing belt wajib selalu diperhatik­an. Sebaiknya diganti secara rutin setiap 40 ribu – 50 ribu km.

 ??  ?? istimewa
istimewa

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia