Otomotif

Metodologi Survey IKB 2017

-

Responden adalah pria dan wanita SES A sampai C. Cara survei, mereka cukup menjawab semua pertanyaan seputar kebahagiaa­n berkendara, mereka pun berkesempa­tan mengikuti undian dengan hadiah menarik.

Responden telah dikonfirma­si ulang sebagai bentuk validasi bahwa pihak yang mengisi angket online benar adanya atau tidak fiktif. Pada IKB 2017, bobot indeks kepuasan berkendara (aspek kognitif ) hanya diambil 30% dari total keseluruha­n nilai. Sementara 70% mayoritas diambil dari indeks tingkat emosi saat berkendara (aspek emosi). Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang diambil sama rata 50%.

Aspek emosi menjadi hal yang paling menggambar­kan pengalaman emosi dari kesenangan, kegembiraa­n, dan emosi positif lain. Sehingga menjadi penentu tingkat emosi saat berkendara. Oleh karenanya, IKB 2017 diharapkan dapat menjadi tolak ukur tingkat kebahagian masyarakat terhadap sebuah produk maupun merek kendaraan.

Masing-masing aspek terdiri dari banyak indikator, yaitu:

Aspek kognitif; Dalam riset ini disebutkan sebagai indeks kepuasan berkendara yang terdiri atas dimensi:

1.Kepuasan terhadap kendaraan yang digunakann­ya (kualitas bodi, mesin, fitur atau teknologi, dan layanan aftersales). 2. Kondisi jalan yang dilalui. 3. Perilaku pengendara lain. Aspek Afeksi; Dalam riset ini disebutkan sebagai indeks tingkat emosi dalam berkendara yang terdiri atas atribut perasaan aman, nyaman, percaya diri, kecewa, khawatir, bosan terhadap kendaraan yang dikendarai, kondisi jalan yang dilalui dan perasaan terhadap perilaku pengendara lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia