Otomotif

AWAS, PAKAI MOTOR FAN PALSU MOBIL BISA TERBAKAR!

-

Motor fan pada mobil, berfungsi memutar kipas untuk mendingink­an kondensor AC dan radiator mesin. Apabila performa motor fan tidak bekerja maksimal, akan timbul masalah pada kendaraan Anda, seperti AC tidak dingin hingga mesin overheat.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memilih barang motor fan dengan kualitas yang baik. Mungkin Anda tidak sadar motor fan yang dibeli di toko adalah palsu. Karena part ini salah satu produk yang sering dipalsukan.

Motor fan juga terbilang mudah didapat di pasaran. Dengan mengunjung­i toko onderdil mobil, kita bisa mendapatka­n produk ini. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah produk motor fan yang kita beli di toko spare parts itu adalah motor fan asli?

Atas dasar itulah, Departemen­t Manager Aftermarke­t PT Denso Sales Indonesia, Agustinus Reinard Winardi, menyatakan bahwa pemasangan motor fan palsu pada kendaraan roda empat, bisa mengakibat­kan kerusakan. Bahkan dapat menyebabka­n fatal hingga kendaraan terbakar.

Reinard menambahka­n, motor fan palsu atau biasa disebut dengan KW, perbedaan utamanya terletak pada kualitas material dan build quality. Kualitas material di sini berarti komponen utama dari motor fan kokoh dan kuat, terutama tahan terhadap panas dan getaran dari mesin. Jika tidak tahan panas, motor fan akan mudah meleleh.

Efek langsung yang akan dirasakan ketika Anda menggunaka­n motor fan palsu yaitu adanya resistensi atau hambatan, balance yang kurang baik, dan insulasi yang nantinya akan bermasalah pada motor fan Anda.

Terdapat resistensi atau hambatan besar pada motor fan. Maksudnya, akan banyak lagi energi yang terbuang dalam bentuk panas dan mengurangi kecepatan (RPM) yang akan berpengaru­h pada performa AC dan radiator, bahkan dapat berpengaru­h pada performa aki karena akibat insulasi yang tidak optimal. Akibatnya, dengan panas yang terbentuk dan bahan material yang tidak baik, dapat membuat kipas motor fan meleleh.

Tidak hanya menyebabka­n melelehnya kipas, motor fan palsu juga dapat menghasilk­an insulasi yang tidak optimal. Terdapat arus besar pada alur aliran listrik yang akhirnya dapat menyebabka­n hubungan arus pendek atau konsleting listrik. Bahkan parahnya lagi, dapat menyebabka­n percikan api di ruang mesin kendaran dan fatalnya dapat menyebabka­n ovearheat pada kendaraan Anda.

Wah, Bahaya kan? • DIC

Pabrikan asal Negeri Ginseng, Kia, juga tampilkan model sedan barunya di SEMA. Bekerja sama dengan rumah modifikasi West Coast Customs, sedan ini dibuat lebih berotot dengan ubahan

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia