Otomotif

First impression all new toyota rush & all new daihatsu terios

Ini dia impresi pertama All New Toyota Rush kasta tertinggi

- Tim OTOMOTIF

Sejak Desember 2006, Toyota Rush diperkenal­kan sebagai kendaraan untuk mengisi pasar low SUV yang disukai masyarakat Indonesia. Buktinya sejak awal diproduksi hingga Oktober 2017, Rush sudah terjual lebih dari 2.500 unit.

Varian TRD Sportivo yang diperkenal­kan sejak tahun 2013, mencuri banyak perhatian. Bahkan Toyota mengklaim di tahun 2017, penjualan Toyota Rush, 89%-nya disumbang varian TRD Sportivo.

Kini dengan desain yang berubah total, All New Rush tetap mempertaha­nkan varian TRD Sportivo sebagai kasta tertinggin­ya. Kesan pertama yang terasa pada varian ini, adalah penampilan­nya yang berkesan gagah dan kekar.

Ini lantaran pada bagian apron depan, tersemat fog lamp cover yang besar berbahan plastik, serta skid plate ( underguard) berkesan tebal warna abu dan diberi lis merah penanda varian TRD Sportivo.

Apalagi bagian gril baik tipe TRD Sportivo maupun tipe G semuanya diberi warna black chrome yang kuatkan kesan gagah.

Pada bagian samping dan belakang, penanda TRD Sportivo juga terlihat dengan pemasangan side body moulding serta TRD rear underguard. Khusus versi TRD Sportivo juga, dilengkapi smart entry pada gagang pintu. Sehingga tak perlu memencet remote untuk membuka pintu. Cukup pencet smart entry, kunci pintu pun terbuka.

DIMENSI

Varian TRD Sportivo juga dilengkapi dengan pelek ukuran 17 inci model kincir angin dengan alas karet ukuran 215/60 R17. Ukuran pelek dan ban ini turut menyumbang jarak terendah bodi ke tanah alias ground clearance. Dibandingk­an generasi sebelumnya, ground clearance kini di angka 220 mm atau lebih tinggi 20 mm.

Bicara soal dimensi, Rush baru lebih panjang sekitar 230 mm atau sekitar 23 cm dibandingk­an generasi sebelumnya. Kabinnya kini panjangnya bertambah sekitar 17 cm termasuk ruang bagasi. Ruang bagasi masih mampu memuat dua koper dan air minum galon.

Masuk kabin dan duduk di jok pengemudi, terlihat permukaan dasbor yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Setirnya sudah dilengkapi pengaturan audio serta fitur telefoni (khusus TRD Sportivo).

BANYAK FITUR BARU

Selain itu banyak hal baru dan penambahan fitur yang memupus anggapan kalau Toyota pelit fitur. Khusus di kasta tertinggi ini, kesan elegan tampil lewat penambahan detail soft touch atau lapisan kulit sintetik di bagian dasbor, arm rest pada door trim serta permukaan atas konsol tengah.

Dasbor bagian tengah dipasangi head unit layar 7 inci yang bisa memutar radio, DVD, serta beragam konektivit­as lewat USB, Bluetooth, ipod/iphone, Miracast, Weblink serta smartphone remote app. Di bagian bawah head unit, pengaturan AC terkesan modern, display-nya digital dan dilengkapi kontrol Auto A/C.

Pindah duduk ke baris kedua, joknya nyaman juga sudah dilengkapi head rest, baris kedua juga dilengkapi 3 point seatbelt. Desain atap yang sleek dan dinamis berefek pada ruang kabin. Jarak kepala dengan atas terasa sedikit lebih rendah dibandingk­an generasi sebelumnya. Tinggi totalnya lebih rendah sekitar 35 mm.

Ruang kaki baris kedua tidak sempit juga tidak bisa dikatakan luas. Ini lantaran bagian bawah jok ada perbedaan ketinggian lantai yang membuat kaki mesti sedikit beradaptas­i.

Headroom di baris ketiga terbatas tapi masuk cukup nyaman buat orang dengan tinggi di bawah 170 cm. Socket charger juga tersedia di bagian baris ketiga.

Melongok ke bagian komparteme­n mesin, All New Rush menggunaka­n mesin All New Toyota Veloz yakni 2NRVE, 4 silinder, 16 klep berpengger­ak roda belakang. Mesinnya teknologi dual VVT-I yang diklaim menyemburk­an daya hingga 104 dk, dan torsi 136 Nm. Tipe TRD Sportivo punya dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan transmisi otomatis konvension­al 4 percepatan.

Toyota memang belum memberi kepastian harga untuk All New Rush ini, namun estimasiny­a lebih tinggi sekitar 3 jutaan. Sebagai kebetan, harga Rush generasi lama per 2017 adalah Rp 251,2 juta ( TRD Sportivo MT) dan 264,5 juta ( TRD Sportivo AT). Dengan segala nilai kebaruan, dan fitur yang berlimpah, rasanya Rush TRD Sportivo sangat pantas dipertimba­ngkan.

All New Terios hadir dalam 4 varian. Yaitu tipe X dan X Deluxe sebagai varian bawahnya, serta tipe R dan R Deluxe untuk varian atasnya. Masing-masing tersedia dalam transmisi manual dan otomatis.

Soal harga, pihak Daihatsu masih belum mengeluark­an harga resmi untuk All New Terios. Gosipnya sih hanya beda Rp 3-4 juta dari yang lama. Itu pun, “Konsumen yang inden sejak awal, akan mendapatka­n unit pada awal bulan Januari 2018, setelah itu proses baru akan normal kembali,” ucap Rudi Ardiman, Corporate Planning PT ADM.

Nah, bicara performa, Mercedes-benz GLC 300 AMG Line ini bisa dibilang setara dengan saudara sedannya, Mercedes-benz C-class. Dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasit­as 1.991 cc, lengkap dengan turbo charger, unit ini mempu menghasilk­an tenaga sebesar 245 dk pada putaran mesin 5.500 rpm dan torsi maksimum 370 Nm di putaran mesin 1.3004.000 rpm.

Dibantu dengan sistem transmisi otomatis 9G-tronic, SUV ini memiliki ‘tendangan’ awal yang lumayan keras. Memang asik untuk diajak

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia