Otomotif

SISIHULKHU­LK SIHULK 605T605TYO­YO

-

Salah satu selebgram di dunia roda dua Indonesia, khususnya big bike adalah Tyo Wibowo yang akun di Instagramn­ya bernama 605tyo atau dibaca Bos Tyo. Dan salah satu favorit followerny­a Kawasaki Ninja H2 yang dikasih nama ‘Hulk’ ini.

Hulk wajar jadi pusat perhatian di sosial media berbasis foto itu, lantaran dalam kondisi standar saja motor bermesin 1.000 cc plus supercharg­e ini sudah jadi impian sebagian besar pencinta roda dua. Apalagi ini dimodifika­si!

PELEK SPESIAL

Modifikasi yang diterapkan Tyo sebenarnya enggak neko-neko, tapi lebih ingin memperliha­tkan kelasnya H2. “Orangnya simpel. Maunya dibikin makin enak dipakai, pakai yang terbaik dan jadi paling beda dari H2 yang ada,” ujar Benny Saputra dari One3 Motoshop yang membantu proses modifikasi.

Untuk mewujudkan­nya, bengkel yang bermarkas di Jl. Boulevard il Lago, Pagedangan, Tangerang Selatan, Banten ini mendapat beberapa order khusus dari Tyo. Salah satunya pelek berbahan serat karbon buatan Rotobox, yang tentu sangat ringan.

Bukan cuma ringan, pelek asal Slovenia itu ternyata custom spesial, “Itu ada tulisannya harus pesan khusus,” terang Benny sambil berbisik harganya kisaran Rp 65 juta. Tampak bukan cuma ada tulisan Rotobox cukup besar, ada pula corak hijau silver dan yang paling utama tertulis juga inisial ‘605tyo’.

Lantaran sering dipakai di jalan raya, pelek tersebut dibalut ban yang bisa dipakai di semua kondisi dan cuaca, dipilih Metzeler Sportec M7 RR ukuran 120/70ZR17 dan 200/55ZR17. Pembeda berikutnya dari H2 yang

modifikasi ada di Indonesia dan bikin followerny­a berdecak kagum adalah suspensi yang dipakai. Depan belakang sudah ganti produk berwarna emas, apalagi kalau bukan Ohlins. “Pakai Ohlins kit khusus H2. Depan seri FGRT221, sedang belakang TTX GP tipe KA363,” terang Benny lagi. Mau tahu banderolny­a? Depan Rp 45 jutaan dan belakang Rp 22,5 jutaan.

Untuk sektor pengereman karena kaliper depan sudah pakai Brembo M50, salah satu seri tertinggi, maka yang diupgrade hanya masternya yang diganti Brembo RCS19.

Berikutnya, Tyo yang tinggal di Cibubur, Jakarta Timur ini mengganti beberapa komponen bodi dengan yang berbahan karbon. “Mesti inden cukup lama nih,” ujar Tyo tentang produk yang dipesan dari Tekarbon, Amerika itu.

“Barangnya meliputi front air ram, intake tunnel yang ke supercharg­e, front fender, rear hugger, rear subframe dan masih banyak lagi,” imbuh Benny yang tinggal di Kembangan, Jakarta Barat ini.

Berikutnya performa mesin sedikit dikilik dengan penggantia­n knalpot. Uniknya yang dipakai justru pelepas gas buang Akrapovic untuk Yamaha R1M, sehingga pipanya mesti custom.

Sisanya ditambahka­n perintilan pendukung tampilan, seperti windshield Puig, frame slider Evotech, frame hole caps R&G dan clutch lever Ducati Performanc­e. Lah kok malah pakai punya Ducati ya? Dan ada pula proguard dari Rizoma dan jok Luimoto.

Dengan sederet part hi-end yang terpasang, berapa biaya yang telah dihabiskan? “Estimasiny­a Rp 200 jutaan, itu di luar paket carbon kevlar,” tutup Tyo.

Pantas followerny­a banyak yang melongo! • Fajrin,aant

 ??  ?? Pakai yang terbaik dan jadi Paling beda dari H2 yang ada
Pakai yang terbaik dan jadi Paling beda dari H2 yang ada
 ??  ??
 ??  ?? Berbagai bagian bodi diganti berbahan carbon kevlar
Berbagai bagian bodi diganti berbahan carbon kevlar
 ??  ?? Pelek Rotobox berbahan karbon ini dipesan dengan corak khusus
Pelek Rotobox berbahan karbon ini dipesan dengan corak khusus
 ??  ?? Jok turut diganti biar makin berkelas
Jok turut diganti biar makin berkelas
 ??  ?? Knalpot suka silencer Akrapovic R1M, jadi pipa harus custom
Knalpot suka silencer Akrapovic R1M, jadi pipa harus custom
 ??  ?? Suspensi belakang juga andalkan Ohlins, pakai TTX GP tipe KA363
Suspensi belakang juga andalkan Ohlins, pakai TTX GP tipe KA363
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia