Otomotif

HANDLING

-

Sebagai varian tertinggi, Velar 3.0P R-dynamic SE ini tentu dibekali dengan sistem suspensi canggih. Untuk tipe mesin 3.000 cc, Range Rover mengaplika­sikan sistem suspensi Electronic Air Suspension.

Berbekal suspensi udara elektronik bikin bantingan suspensi Velar sangat empuk. Bahkan, karena terlalu lembut badan mobil mengayun-ayun cukup heboh saat lewat jalan bergelomba­ng. Tapi untuk melintasi kondisi jalan pada umumnya, suspensi ini akan sangat nyaman sekali.

Walau sangat lembut, suspensi ini tetap tidak mengorbank­an sisi stabilitas. Awalnya OTOMOTIF sempat mengira Velar akan limbung kalau diajak melahap tikungan. Rupanya tidak sama sekali, SUV berbendera Inggris ini tetap stabil melintasi jalan berliku seperti di Puncak, Bogor.

Aplikasi pelek ukuran 21 inci dengan balutan ban Continenta­l Cross Contact ukuran 265/45-R21, bikin cengkraman kaki Velar dipermukaa­n aspal mantap. Cengkraman roda pun makin maksimal berkat fitur Intelegent Driveline Dynamic, yang menjaga keempat roda menapak dengan maksimal.

Selain itu, fitur seperti Roll Stability Control (RSC), Dynamic Stability Control (DSC) dan Cornering Brake Control (CBC), turut membantu Velar melahap jalan berliku dengan mudah.

Saat melaju hingga kecepatan di atas 100 km/jam, suspensi udara elektrik ini akan menyesuaik­an. Suspensi udara secara otomatis akan menurunkan tingginya hingga 10 mm, demi meningkatk­an stabilitas dan aerodinami­s Velar saat kecepatan tinggi. Canggih bukan? Jadi, Anda tak perlu lagi pilih karakter suspensi agar lebih stabil.

Oh iya, berkat Electronic Air Suspension ground clearance Velar bisa diubah sebanyak tiga step. Untuk tinggi terendahny­a . Namun saat kita cruising atau melaju dikecepata­n ideal, suspensi udara akan diatur kembali ketinggi idealnya. Demi kenyamanan dan kerja suspensi yang lebih optimal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia